Iklan

iklan

Harga Bawang Putih Meroket

Admin
Friday, February 7, 2020 | 7:58:00 PM WIB Last Updated 2020-02-07T12:58:00Z
CIANJUR,[KC],- Wabah Virus Corona yang melanda pasar global khususnya China membuat harga bawang putih melonjak di sejumlah daerah, termasuk di Cianjur.

Harga bawang putih mencapai kisaran Rp50 ribu hingga Rp55 ribu per kilogram atau naik 77 persen dari harga pekan lalu di Cianjur. Salah satu pedagang Pasar Induk Cianjur, Atep mengatakan kenaikan mulai terjadi sejak Sabtu pekan lalu. Kamis (7/2).

Atep mejelaskan, tingginya harga dari agen yang awalnya per karung dengan berat 20 kilogram hanya Rp450.000 menjadi Rp 960.000, sehingga harga eceran pun mengalami kenaikan. Meskipun harga naik, tidak ditunjang dengan stok yang memadai, sehingga stok pedagang di pasaran per hari tidak lebih dari 10 kilogram. Sehingga untuk menutupi kebutuhan pedagang terpaksa berbelanja bawang putih lokal yang harganya cukup tinggi.

"Untuk menutupi kebutuhan, kami pakai bawang putih lokal yang harganya hampir sama dengan impor. Saat ini per hari kami hanya mendapat jatah 10 sampai 20 kilogram dari distributor," ujarnya.

Meskipun mengalami kenaikan, tambah dia, tingkat pemakaian hanya sedikit mengalami penurunan."Untuk penjualan masih lumayan tidak sampai sampai menurun drastis," katanya.

"Informasi dari distributor impor bawang putih untuk sementara dihentikan karena merebaknya virus corona di China. Ini menyebabkan stok minim dan berdampak terhadap harga yang melambung," katanya.

Dia dan ratusan pedagang di Cianjur, berharap pemberhentian impor tersebut tidak berlangsung lama agar harga bawang putih di pasaran kembali normal dengan stok melimpah seperti biasa. [KC.10/Net]**
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Harga Bawang Putih Meroket

Trending Now

Iklan

iklan