Warga Evakuasi Phon Tumbang Akibat Longsor
CIANJUR,[KC],- Longsor  menimbun Jalan utama antar kecamatan tepatnya di Kampung Gulingsapi  Desa Simpang Kecamatan Pasir Kuda, Cianjur, akibatnya jalan tidak dapat dilalui kendaraan yang akan melintas.

"Longsor yang menumbangkan pohon besar ini terjadi menjelang siang, sehingga arus lalu lintas dari kedua arah tidak dapat melintas. Muspika dan rerlawan setempat masih berupaya membuka akses jalan utama menuju Pasir Kuda atau sebaliknya menuju Cianjur," kata Suprapto anggota Tagana Cianjur  yang sedang berada dilokasi saat dihubungi Selasa (11/2/2020).

Ia menjelaskan material longsor tanah dan pohon  menutupi landasan jalan, sehingga  warga yang hendak beraktivitas terpaksa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh puluhan meter.

Meskipun ada jalur alternatif Rancabali-Ciwidey-Bandung, namun membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga warga berharap penanganan longsor batu bercampur tanah dan pohon berukuran besar itu, dapat segera ditanggulangi.

"Butuh alat berat untuk menyingkirkan material longsor. Saya sempat melihat ada beberapa kendaraan besar menuju ke lokasi. Harapan kami material longsor dapat segera dibersihkan dan jalan kembali dapat dilalui dari kedua arah," katanya.

Ia menambahkan saat longsor terjadi tidak ada korban jiwa atau kendaraan yang tertimbun. Namun jalur utama Pasir Kuda-Cianjur terputus, tidak dapat dilalui kendaraan.

"Semoga tidak ada longsor susulan, kemungkinan longsor terjadi akibat tingginya curah hujan, sehingga tebing di sepanjang jalan labil dan ambruk menutup landasan jalan sepanjang belasan meter," katanya.

Sementara Sekretaris BPBD Cianjur Mokhamad Irfan Sopyan mengatakan menjelang sore upaya menyingkirkan material longsor sudah dapat dilakukan bersama dengan aparat setempat, Tagana, dan  Relawan Tangguh Bencana (Retana) sehingga jalan utama Pasir Kuda-Cianjur sudah dapat dilalui dari kedua arah.

Namun pihaknya tetap mengimbau penguna jalan untuk ekstra waspada saat melintas, terutama ketika hujan turun deras dengan intensitas lama, karena dapat memicu terjadinya longsor susulan.

"Kami akan berkordinasi dengan dinas terkait untuk melakukan antisipasi ketika longsor susulan terjadi sudah ada pagar penahan tanah, sehingga material tidak menutup landasan jalan," katanya. [KC.10]**
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin | Sekretaris Redaksi : Iman Sulaiman, M.Si | Redaktur Pelaksana : Mustofa | Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi M, Ahmad Jaelani, MFikri | Produksi TV : Winda. | Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 089698682683. | CV. PEJUANG SUBUH | YAYASAN KABAR CIANJUR | Dewan Pembina : Sari Yulianti

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.