CIANJUR,[KC],- Danurjanah (57) begitu antusias menyambut kedatangan Plt. Bupati Cianjur Haji Herman Suherman ke Kelompok Lansia Sejahtera binaannya di Desa Tanjung Sari, Kecamatan Sukaluyu.

Kelompok binaannya merupakan kelompok usaha pembuatan abon ayam dan makanan ringan berbasis telur yang cukup terkemuka di Sukaluyu. "Alhamdulillah bisa disambangi oleh Pak Bupati ya, di sini kami sudah mampu menghasilkan hingga 40 kilogram abon ayam setiap harinya," kata Danurjanah, Kamis (5/3).

Saat ini, Kelompok Lansia Sejahtera menaungi sekitar 10 pekerja yang merupakan ibu-ibu usia lanjut di Desa Tanjung Sari berusia 55 tahun ke atas namun masih sangat produktif. Danurjanah menginisiasi dibentuknya kelompok usaha ini dan mengajak para ibu di lingkungan sekitarnya untuk mengikuti kursus keterampilan serta usaha mikro kecil menengah.

Dengan semangat, para ibu menunjukkan langsung proses pembuatan produk andalan abon ayam kepada orang nomor satu di Cianjur. Haji Herman yang juga didampingi para perangkat desa, Camat Sukaluyu, dan Kepala Dinas Kesehatan Cianjur Tresna Gumilar mengapresiasi kreativitas dan inisiatif dari Kelompok Lansia Sejahtera.



"Ini yang harus dicontoh oleh desa-desa lainnya. Produk lokal harus menjamur di seluruh Cianjur. Harus jadi tuan rumah di negeri sendiri dan kalau sudah memungkinkan, bisa mencukupi stok kebutuhan setidaknya untuk masyarakat sekitar," kata Haji Herman di sela-sela kegiatan Cianjur Ngawangun Lembur (CNL) di Sukaluyu.

Ia juga sempat menanyakan perihal kelayakan edar dan penggunaan bahan dalam produk abon ayam tersebut. Hasilnya, produk Kelompok Lansia Sejahtera sudah mengantongi izin Pangan Industri Rumah Tangga (P-IRT) dari Dinas Kesehatan Cianjur.

"Terbukti sehat dan aman untuk dikonsumsi. Silahkan pesan produk ibu-ibu di Tanjung Sari ini," kata Haji Herman seraya mempromosikan ke masyarakat yang hadir. [KC.08]**
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin | Sekretaris Redaksi : Iman Sulaiman, M.Si | Redaktur Pelaksana : Mustofa | Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi M, Ahmad Jaelani, MFikri | Produksi TV : Winda. | Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 089698682683. | CV. PEJUANG SUBUH | YAYASAN KABAR CIANJUR | Dewan Pembina : Sari Yulianti

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.