Iklan

iklan

Haji Herman Siap Bantu PMI yang Kekurangan Stok Darah

Admin
Sunday, April 12, 2020 | 2:11:00 PM WIB Last Updated 2020-04-12T07:11:50Z
CIANJUR,[KC],- Plt. Bupati Cianjur, H.Herman Suherman menyatakan siap membantu PMI Cianjur dalam memenuhi kebutuhan stok darah. Salah satu cara yang akan diambil adalah dengan membuat surat imbauan untuk OPD agar melakukan donor darah.

" Selain itu, saya sarankan juga kalau memungkinkan PMI jemput bola, hampiri pendonor ke rumah-rumah. Bisa buka pendaftaran lalu sambangi. Kalau perlu bantuan nanti bisa kami bantu," ujar Herman.

Kepala Unit Transfusi Darah PMI Cianjur dr. H. Sany Sanjaya menjelaskan, dampak Covid-19 ini sangat berpengaruh pada kemampuan PMI untuk mengumpulkan darah dari pendonor.

"Di tengah pandemi ini, kami merasakan pendonor makin sulit. Mungkin juga ada rasa takut untuk datang mendonorkan darahnya, hingga stoknya mengkhawatirkan," ujarnya.

Menurut dr. Sany, dalam sehari, untuk Cianjur dibutuhkan 50-60 kantong darah perhari. Sementara saat ini PMI Cianjur hanya mampu mengumpulkan 10% saja.  "Jadi ketika rumah sakit, atau klinik bersalin membutuhkan, kami sulit menyediakannya, " imbuhnya.

Karena itu Haji Herman juga memohon pada masyarakat Cianjur untuk bersama-sama berjuang, memberikan arti pada kemanusiaan dengan mendonorkan darahnya.

Dr Sany menambahkan, dalam melakukan pengambilan donor darah, PMI juga telah menerapkan standar protokol kesehatan penanganan Covid-19. " Jadi tidak usah takut, kami lakukan sesuai prosedur protokol kesehatan yang aman, " ujarnya.

Terkait pendonor pun, PMI juga akan memeriksa dan menanyakan riwayat perjalanannya terlebih dahulu. Karena mereka yang teringeksi Covid-19, ada yang tanpa gejala. " Jika punya riwayat perjalanan dalam waktu tertentu dari zona merah, terpaksa kami tolak," pungkasnya. [KC.08]**
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Haji Herman Siap Bantu PMI yang Kekurangan Stok Darah

Trending Now

Iklan

iklan