CIANJUR,[KC],- Plt. Bupati Cianjur Haji Herman Suherman memastikan Kabupaten Cianjur siap menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dengan menyesuaikan kondisi pandemi Covid-19. Hal ini berkaitan dengan dipastikannya penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2020 yang akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020.

“Dari Pemkab Cianjur akan memastikan dan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti KPU, Bawaslu, Kepolisian dan TNI untuk penyelenggaraan Pilkada agar dijalankan merujuk pada protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19,” kata Haji Herman, Rabu (17/6).

Arahan dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat antara lain dengan menyiapkan inventaris tambahan, persiapan dukungan teknis serta pengamanan akan segera ditindaklanjuti. “Kami tentu akan mendukung arahan tersebut agar pelaksanaan Pilkada bisa tetap berjalan sesuai rencana dan sukses,” kata Haji Herman.

Penyesuaian anggaran juga akan dilakukan untuk memastikan protokol kesehatan tetap dijalankan ketat pada saat pelaksanaan Pilkada nanti.

Sebagai daerah yang saat ini sudah masuk dalam klasifikasi zona biru, Haji Herman tetap menekankan bahwa penyelenggaraan kegiatan apapun tetap harus mengedepankan keselamatan dan kesehatan masyarakat.

“Untuk aturan lebih detil secara teknis, kami juga akan merujuk ke Peraturan KPU nantinya. Walau saat ini Cianjur relatif aman untuk pengendalian Covid-19, kita tetap harus disiplin,” kata Haji Herman menambahkan.

Peraturan KPU nomor 5 Tahun 2020 yang merupakan perubahan ketiga atas PKPU nomor 15 tahun 2019, dalam pasal 8 C, menyatakan pelaksanaan pemungutan suara akan dilakukan pada tanggal 9 Desember 2020. Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga akan berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 dan Kementerian Kesehatan terkait petunjuk teknis untuk penerapan protokol kesehatan sepanjang tahapan Pilkada serentak. [KC.08]**
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin | Sekretaris Redaksi : Iman Sulaiman, M.Si | Redaktur Pelaksana : Mustofa | Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, M Fikri, Eris Risdianto, Muhammad Nasrul, Arsy, Intan Permatasari | Produksi TV : Nurholis Mahmud, Winda. | Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Cianjur 089698682683. | CV. MEDIA INFORMA : Direktur utama : Sari Yulianti | Komisaris : Imam Misbah | YAYASAN KABAR CIANJUR | Dewan Pembina : Sari Yulianti | Ketua Umum : Asep Moh. Muhsin, Sekretaris : B Mustofa, Bendahara : Siti Solihah Nurhalimah

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.