Iklan

iklan

Haji Herman Pastikan Cianjur Siap Selenggarakan Pilkada dengan Protokol Covid-19

Admin
Wednesday, June 17, 2020 | 6:27:00 PM WIB Last Updated 2020-06-17T11:27:05Z
CIANJUR,[KC],- Plt. Bupati Cianjur Haji Herman Suherman memastikan Kabupaten Cianjur siap menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dengan menyesuaikan kondisi pandemi Covid-19. Hal ini berkaitan dengan dipastikannya penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2020 yang akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020.

“Dari Pemkab Cianjur akan memastikan dan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti KPU, Bawaslu, Kepolisian dan TNI untuk penyelenggaraan Pilkada agar dijalankan merujuk pada protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19,” kata Haji Herman, Rabu (17/6).

Arahan dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat antara lain dengan menyiapkan inventaris tambahan, persiapan dukungan teknis serta pengamanan akan segera ditindaklanjuti. “Kami tentu akan mendukung arahan tersebut agar pelaksanaan Pilkada bisa tetap berjalan sesuai rencana dan sukses,” kata Haji Herman.

Penyesuaian anggaran juga akan dilakukan untuk memastikan protokol kesehatan tetap dijalankan ketat pada saat pelaksanaan Pilkada nanti.

Sebagai daerah yang saat ini sudah masuk dalam klasifikasi zona biru, Haji Herman tetap menekankan bahwa penyelenggaraan kegiatan apapun tetap harus mengedepankan keselamatan dan kesehatan masyarakat.

“Untuk aturan lebih detil secara teknis, kami juga akan merujuk ke Peraturan KPU nantinya. Walau saat ini Cianjur relatif aman untuk pengendalian Covid-19, kita tetap harus disiplin,” kata Haji Herman menambahkan.

Peraturan KPU nomor 5 Tahun 2020 yang merupakan perubahan ketiga atas PKPU nomor 15 tahun 2019, dalam pasal 8 C, menyatakan pelaksanaan pemungutan suara akan dilakukan pada tanggal 9 Desember 2020. Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga akan berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 dan Kementerian Kesehatan terkait petunjuk teknis untuk penerapan protokol kesehatan sepanjang tahapan Pilkada serentak. [KC.08]**
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Haji Herman Pastikan Cianjur Siap Selenggarakan Pilkada dengan Protokol Covid-19

Trending Now

Iklan

iklan