CIANJUR,[KC],- Plt. Bupati Cianjur Haji Herman Suherman menerima kunjungan dari drummer kenamaan Indonesia Gilang Ramadhan di Pendopo Kabupaten Cianjur, Sabtu (27/6). Bagi Gilang, kedatangannya tersebut bisa dikatakan sebagai acara pulang ke kampung halamannya.

"Keluarga besar kami memang ada di Cianjur. Saya sendiri cukup sering ke Cianjur dan selalu tebersit keinginan untuk bisa berkontribusi untuk Cianjur. Kota yang memang selalu dikenang dan dititipkan oleh ayah kepada saya," kata Gilang Ramadhan yang merupakan putra dari Ramadhan Kartamihardja, sastrawan besar nasional yang memang besar di Cianjur.

Menurut Gilang, Cianjur memiliki potensi budaya besar yang belum digali dan seharusnya bisa dipopulerkan. “Di Cianjur ini ada potensi musik Cianjuran yang harusnya bisa mendunia. Musik-musik karawitan ini sayangnya hanya dipakai untuk acara seremoni saja, padahal ini bisa dikembangkan lebih banyak ke anak-anak muda demi memasyaratkan musik daerah,” kata Gilang.

Pendataan soal potensi budaya terutama dari segi musik tradisional perlu dilakukan agar Cianjuran bisa dikenal lebih luas lagi. "Kita perlu melakukan pendataan untuk potensi musik di Cianjur ini. Bukan tidak mungkin kita perkenalkan musik Cianjuran ini ke industri musik yang lebih menguntungkan juga," kata Gilang.



Haji Herman mengamini bahwa potensi budaya Cianjur memang harusnya dibawa ke lingkup yang lebih besar. Jangan hanya tampil dalam acara-acara seremonial saja. Komitmen Pemkab Cianjur untuk terus melestarikan budaya salah satunya dengan memopulerkan kembali tiga pilar budaya Cianjur.

"Cianjur memang punya banyak potensi kebudayaan. Maos Mamaos Maenpo ini sudah lama digaungkan, tapi baru sekarang kami coba Perda-kan. Potensi Cianjur di sektor ekonomi kreatif ini memang perlu dibawa keluar, tak hanya di acara-acara seremonial saja," kata Haji Herman.

Haji Herman juga mengapresiasi besar kunjungan Gilang Ramadhan ke Cianjur. "Kang Gilang ini salah satu putra daerah Cianjur yang namanya sudah ada di mana-mana. Tapi hatinya tentu selalu Cianjur, semoga ke depannya kami bisa bekerja sama untuk memajukan Cianjur bersama-sama," kata Haji Herman. [KC.08]**
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin | Sekretaris Redaksi : Iman Sulaiman, M.Si | Redaktur Pelaksana : Mustofa | Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, M Fikri, Eris Risdianto, Muhammad Nasrul, Arsy, Intan Permatasari | Produksi TV : Nurholis Mahmud, Winda. | Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Cianjur 089698682683. | CV. MEDIA INFORMA : Direktur utama : Sari Yulianti | Komisaris : Imam Misbah | YAYASAN KABAR CIANJUR | Dewan Pembina : Sari Yulianti | Ketua Umum : Asep Moh. Muhsin, Sekretaris : B Mustofa, Bendahara : Siti Solihah Nurhalimah

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.