Hosting Unlimited Indonesia

KABARCIANJUR.COM -
Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), Nurul Fata di Kampung Babakan RT 01/RW 03, Desa Maleber, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur melaksanakan program inovasi untuk penanggulangan kemiskinan. 

Program inovasi ini lebih menititk beratkan pengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan penyaluran tenaga kerja ke perusahaan yang ada di wilayah Kabupaten Cianjur. 

Kepala PKBM Nurul Fata, Deni Abdul Kholik mengabarkan, sejak pendemi Covid-19, pihaknya bersama para tutor dan pengelola kelompok belajar melaksanakan inovasi untuk penanggulangan kemiskinan. Sasarannya, warga belajar dan tutor. 

“Kami membuat tim bersama tutor dalam menanggulangi kemiskinan,” kata Deni.

 Menurutnya, salah satu inovasi yang dikembangkan yakni melaksanakan budidaya ikan patin, dan pelatihan menjahit serta menyalurkan tenaga kerja ke perusahaan yang ada di Cianjur. 

Untuk tenaga kerja, papar dia, warga belajar PKBM dilatih menjahit. Setelah mahir lalu disalurkan ke perusahaan. “Ada pula yang menjadi wirausaha baru di masing-masing tempat tinggal,” tuturnya.

Deni menjelaskan, untuk program budidaya ikan patin. Pihaknya sudah melaksanakan program ini sekitar 5 bulan lalu dan hari ini sudah mulai ada perkembangan. “Awalnya kami memiliki kolam patin 2. Kini sudah bertambah menjadi 6 kolam,” tegasnya. 

Sementara itu, Sinta (27), salah seorang warga belajar, mengungkapkan sebelum pandemi Covid-19, awalnya bekerja di perusahaan pembiayaan. Dirinya  terdampak dan dilakukan pengurangan pekerja. Selanjutnya, ia mengikuti program pelatihan menjahit selama tiga bulan di PKBM Nurul Fata. 

Hasilnya, ia bisa membuka usaha mandiri di rumahnya. “Saya kini menjadi pengusaha menjahit rumahan. Meski masih skala kecil, tapi bisa menambah penghasilan dan membantu ekonomi keluarga,”  imbuh siswa Paket C atau setara SMA ini. [cr1/KC-02]**





Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin | Sekretaris Redaksi : Iman Sulaiman, M.Si | Redaktur Pelaksana : Mustofa | Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, M Fikri, Eris Risdianto, Muhammad Nasrul, Arsy, Intan Permatasari | Produksi TV : Nurholis Mahmud, Winda. | Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Cianjur 089698682683. | PT. MITRA SINERGI INFORMA : Direktur : Asep Moh. Muhsin | Komisaris : Iman Sulaiman, Sari Yulianti

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.