Hosting Unlimited Indonesia


CIANJUR,[KC],-
Sekolah Menengah Kejuruan Islam Terpadu Nurul Huda Cianjur sebagai sekolah dengan kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan menyesuaikan citra dirinya dengan menerapkan layanan untuk Peserta Didik, Orang Tua, dan tenaga Pendidik serta kependidikan  dengan berbasis teknologi Informasi terkini.

Wakil kepala Bidang Humas dan Industri SMK IT Nurul Huda, Arisman Suhendi, S.Pd menjelaskan bahwa  layanan Teknologi Informasi ini sudah dimulai sejak tahun 2019 yang dikhususkan untuk Peserta Didik, Orang Tua/Wali, serta Para Pendidik, juga Pemangku kepentingan yaitu Pimpinan Sekolah dan Yayasan, bekerjasama dengan Yayasan Indonesia Membaca sebagai Pemilik Software JIBAS ( Jaringan Informasi Bersama Antar Sekolah).

“ Kita menggunakan Layanan ini karena kebutuhan akan informasi sekolah bagi Peserta Didik, Orang tua, dan juga Tenaga Pendidik, bahkan Yayasan sebagai penyelenggara Pendidikan, adapun pelayanan berbasis TIK yang kami laksanakan adalah Sistem Informasi akademik, keuangan, perpusatakaan, Kepegawaian, Info Guru dan Siswa, Computer Based Exam,  dan  School Pay serta School Tube. “ Ucap Arisman.

Arisman menambahkan jika layanan ini benar benar sangat memudahkan aktifitas warga sekolah, seperti pada Informasi akademik setiap siswa untuk absensi dengan menggunakan fingerprint dan notifikasi absennya masuk dan pulang akan terkirim kepada Orang tua  atau walinya baik melalui WhatsApp maupun Telegram, tak hanya itu pendidik juga dapat menyetorkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan menyetorkan nilai harian, nilai tengah semester dan nilai kenaikan kelas sehingga dapat di akses oleh siswa dan orang tua melalui aplikasi nya atau melalui Bot telegram SMK IT Nurul huda yang secara realtime akan disajikan secara cepat dalam bentuk text dan gambar.

“Tidak hanya itu kelebihan dari Layanan TIK ini bisa mempermudah akses informasi keuangan yang dapat dilihat serta dilaporkan kepada Orang Tua/Wali baik melalui aplikasi maupun Telegram, sementara untuk pihak bagian keuangan dan Tata usaha mempermudah dalam merekap laporan keuangan peserta didik secara lengkap.” Ucap Arisman.

Sementara itu Wakil Kepala SMK IT Nurul Huda Bidang Kurikulum, Imam Misbah, S.PdI merasa terbantu khususnya dalam hal penilaian guru terhadap peserta didik karena terfasilitasi dalam Menu Akademik yang tersedia, dan kita juga dipermudah dengan adanya aplikasi E-learning yang sudah satu paket dengan JIBAS yaitu Computer Based Exam yaitu Aplikasi terpadu untuk pengujian berbasis computer.

“ Dengan Computer Based Exam peserta didik dapat mengikuti ulangan harian atau ujian ujian lainnya secara cepat dan akurat, dan Ujian Berbasis Komputer dapat menghemat biaya penyelenggaraan ujian dengan meminimalkan penggunaan kertas, selain itu program in sudah Terintegrasi dengan JIBAS WA/Telegram Gateway untuk secara realtime mengirimkan notifikasi nilai ujian kepada orangtua siswa” Jelas Imam

Masih menurut imam, tahun ajaran barui yang akan dating rencananya akan kita resmikan juga layanan School Pay – Cashless Payment yaitu Aplikasi pembayaran non tunai bagi Siswa dan Pegawai untuk membayar berbagai transaksi di sekolah, seperti beli makan di Kantin, buku di Koperasi atau membayar Iuran Wajib bagi siswa, hal ini kita adakan agar kita bisa  menyesuaikan pesatnya teknologi keuangan  karena pembayaran non tunai memudahkan Siswa dan Pegawai untuk melakukan pembayaran, jadi peserta didik ataupun pegawai tidak perlu membawa uang tunai dan tidak ada lagi resiko kehilangan uang. Sekolah dan Vendor juga dimudahkan dalam menerima pembayaran.

“ Adapun Sumber dana pembayaran School Pay ini diambil dari Tabungan Siswa dan Pegawai yang dikelola oleh Koperasi Sekolah  dan Transaksi pembayaran hanya dapat dilakukan melalui aplikasi yang telah diatur protokol komunikasi serta terenkripsi deng baik, jadi cukup dengan menggunakan smartphone warga sekoilah bisa bertransaksi dan tentunya limitasi uang jajannya dibatasi atas izin orang tua melalui notifikasi WA dan Telegram. Hal ini diterapkan di SMK IT Nurul huda tiada lain untuk mempermudah semua pelayanan yang dibutuhkan oleh masyarakat  dari sekolah kita” Jelas Imam [KC.05]**

Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin | Sekretaris Redaksi : Iman Sulaiman, M.Si | Redaktur Pelaksana : Mustofa | Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, M Fikri, Eris Risdianto, Muhammad Nasrul, Arsy, Intan Permatasari | Produksi TV : Nurholis Mahmud, Winda. | Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Cianjur 089698682683. | PT. MITRA SINERGI INFORMA : Direktur : Asep Moh. Muhsin | Komisaris : Iman Sulaiman, Sari Yulianti

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.