Iklan

iklan

Cianjur Akan Miliki Stadion Berstandar Internasional

Tuesday, February 7, 2012 | 8:09:00 PM WIB Last Updated 2012-02-07T13:09:17Z
Dedih Satria Prijatna
KabarCianjur- Jln. Slamet Riyadi; Sebagai bentuk keseriusan untuk menjadikan Kab. Cianjur sebagai salah satu daerah terdepan dalam pembinaan olahraga di Jawa Barat, Pemkab Cianjur berencana akan membangun sebuah stadion bertaraf internasional di kawasan Rawabango, Kec. Karangtengah, Kab.Cianjur.
Langkah tersebut juga merupakan keinginan untuk menjadikan Kab. Cianjur sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Daerah (Porda) pada tahun 2018 mendatang. Dibutukan dana sekitar Rp 120 milyar untuk mewujudkan pembangunan satadion bertarah internasional itu.
Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Cianjur Dedih Satria Prijatna mengungkapkan, rencana pembangunan stadion berskala internasional ini terus menguat seiring menguatnya keinginan Kabupaten Cianjur menjadi tuan rumah Porda 2018 mendatang. Untuk mendorong keinginan membangun stadion olahraga berskala internasional itu, menurut Dedih, pihaknya akan menggelar kegiatan sosialisasi persiapan menjadi tuan rumah Porda 2018 dengan mengundang berbagai elemen masyarakat.
"Rencana kita pada bulan Maret mendatang sudah bisa melaksanakan sosialisasi persiapan menjadi tuan rumah Porda 2018 ini," kata Dedih, Selasa (7/2).
Hasil sosialisasi dalam bentuk diskusi dengan berbagai elemen masyarakat Cianjur itu, kata Dedih, akan menghasilkan suatu rekomendasi mengenai keinginan Kabupaten Cianjur menjadi tuan rumah Porda 2018. Nantinya, rekomendasi ini akan diserahkan kepada pemerintah termasuk DPRD Kabupaten Cianjur sebagai bahan pembahasan untuk mengalokasikan anggarannya.
"Salah satu tujuan rekomendasi ini adalah sebagai acuan agar pihak eksekutif maupun legislatif bisa membahasnya berkaitan dengan anggaran pembangunan stadion bertaraf internasional ini. Memang sangat besar biayanya. Tapi yang penting juga dilihat adalah manfaat ke depan. Siapa tahu nantinya setelah ada stadion, bisa digunakan untuk kepentingan liga sepakbola di tanah air. Dalam jangka waktu beberapa tahun ke depan juga sudah bisa break event point (BEP). Dan yang lebih penting lagi, kita ingin lebih memperkenalkan Cianjur melalui olahraga," katanya.
Sementara itu persiapan Kabupaten Cianjur menjadi tuan rumah Porda 2018, mulai saat ini sudah dilakukan. Misalnya saja dalam pencarian bibit atlet potensial maupun pembinaan atlet-atlet muda. Belakang KONI Kabupaten Cianjur gencar menggelar coaching clinic ke 32 kecamatan di Kabupaten Cianjur bekerjasama dengan pihak sekolah.
"Dari coaching clinic tersebut sampai saat ini sudah berhasil menjaring calon atlet-atlet muda potensial, khususnya dari wilayah Cianjur Selatan. Dari hampir 300 calon atlet yang mengikuti seleksi, berhasil terjaring sekitar 75 atlet muda potensial yang mumpuni secara fisik maupun skill," kata Dedih (KC-02)***.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Cianjur Akan Miliki Stadion Berstandar Internasional

Trending Now

Iklan

iklan