HEADLINE
---
deskripsi gambar

Pembangunan Kabupaten Cianjur Mengalami Peningkatan

Peserta Musrenbang Kecamatan Mande
KabarCianjur - Mande; Kurun waktu lima tahun terakhir pembangunan di Kabupaten Cianjur telah menunjukan peningkatan. Hal tersebut tentunya tidak terlepas adanya kerjasama semua pihak mulai dari tingkat desa sampai pada koordinasi di tingkat Organisai Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Cianjur. Sehinga manfaat pembangunan daerah sangat dirasakan oleh masyarakat, namun kita sadari pula bahwa hasil tersebut bukan sebuah titik akhir, melainkan sesuatu yang harus dipertahankan bahkan lebih ditingkatkan.
Demikian diungkapkan Bupati Cianjur, H. Tjetjep Muchtar Soleh, saat menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Mande. Bupati berharap adanya usulan pembangunan dari masing-masing desa yang ada di kecamatan. Hal itu nantinya akan di evaluasi dan di usulkan untuk pembangunan di wilayahnya.
"Usulan-usulan tersebut bisa berupa program yang berkaitan dengan peningkatan pendidikan, kesehatan, daya beli dan pembinaan akhlakulkarimah," kata Bupati Tjetjep, Rabu (15/2).
Sementara itu untuk menunjang pembangunan infrastruktur seperti jalan, sarana dan prasarana pembangunan, perlu adanya kerja sama dengan para investor. Kondisi tersebut perlu dilakukan mengingat anggaran pemkab Cianjur yang besarnya baru mencapai 1,7 trilitun, dirasa masih belum cukup untuk memenuhi segala kebutuhan pembangunan.
"Dari anggaran APBD tersebut 65% diantaranya digunakan untuk belanja tetap dan hanya sebesar 35% saja sisanya digunakan untuk pembangunan di wilayah Kab. Cianjur," paparnya. Menurut bupati Tjetjep, konsep pemikiran dalam musrenbang seyogyanya menghantarkan pada suatu pengertian bahwa perencanaan pembangunan disusun berdasarkan partisipasi semua lapisan, selain berpijak pada keterpaduan seluruh aspirasi dengan tidak mengesampingkan kebutuhan masyarakat selaku penerima manfaat pembangunan daerah.
"Hasilnya kurun waktu lima tahun terakhir, pembangunan di Kabupaten Cianjur telah menunjukan peningkatan. Kondisi ini tentunya atas kerjasama semua pihak sehingga manfaat pembangunan daerah sangat dirasakan oleh masyarakat, namun kita sadari pula bahwa hasil tersebut bukan sebuah titik akhir, melainkan sesuatu yang harus dipertahankan bahkan lebih ditingkatkan," katanya (KC-02)***.



Also Read:
Post a Comment
Close Ads