Iklan

iklan

Selamatkan Kawasan TNGP, Relawan PAL Tanam Pohon

Saturday, February 4, 2012 | 6:05:00 AM WIB Last Updated 2012-02-03T23:05:09Z
Salah satu pendaki di Kawasan Delaga Biru TNGP
KabarCianjur-Cipanas;Sebagai salah satu upaya untuk menyelamatkan perluasan kawasan Balai Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BTNGP), sejumlah relawan Peduli Alam Lokatmala (Relawan-PAL) melakukan penanaman pohon asli gunung gede pangrango di lembah sungai Ciherang, Desa Ciherang, Kecamatan Pacet, Kab. Cianjur, Jum'at (3/2).
Penanaman pohon yang dilakukan para relawan tersebut dimaksudkan sebagai salah satu upaya penyelamatan kawasan gunung gede pangrango dari ancaman kerusakan. Sejumlah pohon yang ditanam para relawan itu diantaranya jenis Rasamala, Puspa, Saninten, Bambu dan Aren. Pohon-pohon tersebut diambil dari hasil persemaian yang dilakukan para relawan sendiri.
"Kami sebagai organisasi ke-Volunteer-an yang ada di sikitar Gunung Gede Pangrango, berusaha untuk ikut serta dalam pengamanan kawasan Gunung Gede pangrango dari berbagai ancaman kerusakan terhadap kawasan hutan," kata Tahdin Khoerul (34) Ketua Relawan-PAL disela aksi.
Menurut pria yang akrab disapa Icuy ini, kegiatan penanaman pohon yang di lakukan pihaknya tersebut merupakan sebuah inisiatif untuk mengajarkan kepada yuniornya sebagai Relawan-PAL bahwa menjaga kelestarian alam itu sangat dibutuhkan. "Ini menjadi program pokok organisasi dan bukan atas dasar dari projek pemerintahan," tandas Icuy.
Kegiatan penanaman pohon di hulu anak sungai Ciherang block Lembah Majalay, dilakukan setelah adanya pembongkaran banguan liar yang ada di dalam perluasan kawasan BTNGP. "Pembongkarannya dilakukan oleh petugas dari BTNGP, setelah itu baru kita melakukan penanaman kawasan," katanya (KC-02)**
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Selamatkan Kawasan TNGP, Relawan PAL Tanam Pohon

Trending Now

Iklan

iklan