Iklan

iklan

Untuk Menghindari Pungutan Liar, Sebuah Perusahaan Rekrut Tenaga Kerja di Dinsosnakertrans

Monday, September 3, 2012 | 7:54:00 PM WIB Last Updated 2012-09-04T11:30:44Z


Calon karyawan tengah ikuti seleksi
CIANJUR, (KC).- Puluhan calon tenaga kerja berebut untuk bisa diterima di sebuah perusahaan sepatu yang beralamatkan di Jalan Sukabumi-Cianjur blok Satong Parigi, Desa Titisan, Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi. Mereka mengikuti seleksi yang digelar perusahaan bekerja sama dengan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Cianjur, Senen (3/9/2012).

Selain menjalin kerjasama dengan Dinsosnakertrans, pihak perusahaan juga beralasan menginginkan penerimaan karyawan diperusahaanya bebas dari pungutan liar. Direncanakan seleksi penerimaan karyawan tersebut akan berlangsung hingga Jum'at (7/9/2012) mendatang.

Kepala Dinsosnakertrans Kabupaten Cianjur, H. Sumitra didampingi Kabid Bina Tenaga Kerjaan, R Finny Hikmat FB dan Kasi Bina Lembaga Usaha Ketenagakerjaan, Ahmad Ubaidillah  mengatakan, saat ini sebuah perusahaan tengah melaksanakan pengrekrutan tenaga kerja selama lima hari di komplek Dinsosnakertans.

"Kapasitas kita sebatas untuk memfasilitasi para pencari kerja. Sementara yang melakukan seleksi dan meluluskannya adalah pihak perusahaan itu sendiri," kata Sumitra.

Salah satu alasan dilaksanakan perekrutan tenaga kerja di Dinsonakertans adalah untuk menghindari adanya pungutan liar setiap kali penerimaan pegawai perusahaan. "Selama ini ada kesan bahwa masuk menjadi karyawan perusahaan harus bayar, nah melalui Dinsosnakertrans tidak ada yang namanya pungutan liar itu," tegasnya.

Sementara itu, staf HRD perusahaan yang melakukan penerimaan karyawan, Evy Setiawati memaparkan, perusahaan yang bergerak di bidang pabrik sepatu ini memerlukan tenaga kerja sebanyak 1.500 orang. "Target kami sampai Desember ini harus ada pegawai sebanyak 1.500 orang," tuturnya.

Para pencari kerja yang ingin ikut seleksi diperusahaanya harus memenuhi persyaratan diantaranya membuat surat lamaran, daftar riwayat hidup, pas poto ukuran 3 X 4 dan 4 X 6 , 2 lembar, foto kopi KTP, foto kopi kartu kuning, foto kopi ijazah, foto kopi SKCK dari polsek, usia paling rendah 18 tahun dan pendidikan paling rendah SMP.

"Lamaran ditujukan kepada pimpinan perusahaan di Jalan Sukabumi-Cianjur blok Satong Parigi Desa Titisan, Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi," kata Evy seraya menambahkan tahapan penerimaan pegawai, dari mulai penerimaan pendaftaran, diverifikasi, lalu diumumkan lulus atau tidak administrasi, dilanjutkan tes psikotes, kemudian diumumkan lulus atau diterima bekerja di perusahaan (KC-02)**.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Untuk Menghindari Pungutan Liar, Sebuah Perusahaan Rekrut Tenaga Kerja di Dinsosnakertrans

Trending Now

Iklan

iklan