Iklan

iklan

WORKSHOP PENINGKATAN PERSALINAN AMAN MELALUI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI KECAMATAN WARUNGKONDANG KABUPATEN CIANJUR

Monday, July 3, 2023 | 12:13:00 PM WIB Last Updated 2023-07-03T05:13:13Z
  Gempa berkekuatan 5,6 skala Richter melanda daerah pegunungan di Jawa Barat pada 21 November 2022, lebih dari 22.000 rumah hancur dan lebih dari 58.000 orang mengungsi, salah satu layanan yang dibutuhkan adalah akses kesehatan reproduksi. Sebagai bentuk respon terhadap situasi tersebut, Tim Humanitarian PKBI Jawa Barat membentuk tim khusus untuk membantu masyarakat yang terdampak
bencana dalam pemenuhan kebutuhan pelayan kesehatan yang memadai terutama kesehatan reproduksi.
  PKBI Jawa Barat bekerjasama dengan Puskesmas Warungkondang, mendirikan “Tenda Kesehatan Reproduksi” (tenda kespro) bertempat di GOR Sehati Desa Sukawangi Kecamatan Warungkondang, dan berpindah ke Lapangan Jagakarsa Jambudipa Warungkondang pada phase extension sampai tanggal 8 Juli 2023, dalam phase ini tenda kespro PKBI memberikan pelayanan dengan meningkatkan layanan untuk ibu hamil dan melahirkan. Tenda Kespro telah melayani 11.115 penerima manfaat (20% dari populasi yang terkena dampak), 195 orang pemeriksaan ibu hamil, dan 46 orang ibu hamil bersalin.
  Persalinan yang tidak aman dapat menyebabkan kematian ibu dan bayi baru lahir. Gambaran Angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian Bayi di Cianjur 2015 sampai tahun 2023 adalah 21 kasus AKI dan 53 kasus AKB. Sumber: Dinas Kesehatan Kab. Cianjur. Sebagai upaya dalam mencapai peningkatan persalinan aman, selain peran dari petugas layanan kesehatan maka penting untuk melibatkan semua pihak diantaranya peran suami, keluarga dan masyarakat.
  “Kami mendukung peningkatan persalinan aman melalui pemberdayaan masyarakat dengan membangun komitmen dan sinergitas semua pihak, termasuk Puskesmas, desa, bidan desa, dan penolong persalinan tradisional (Paraji). Terkait hal tersebut, PKBI mengadakan workshop PENINGKATAN PERSALINAN AMAN MELALUI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI WILAYAH KECAMATAN WARUNGKONDANG KABUPATEN CIANJUR pada tanggal 2 – 3 Juli 2023 bertempat di The Jhon's Cianjur Aquatic Resort dengan melibatkan narasumber dari Ikatan Bidan Indonesia (nasional) dan Dinas Kesehatan Cianjur” demikian keterangan dari Titeu Herawati (PKBI Jawa Barat) sebagai Tim Leader Program Humanitarian Respon Bencana Cianjur.
  Semoga workshop ini dapat membangun komitmen dan membantu meningkatkan persalinan aman di Wilayah Kecamatan Warungkondang, serta mendukung dan mempercepat Cianjur Bangkit.
Simulasi pelibatan keluarga, bidan desa, paraji, dan pihak desa
Pembukaan dan narasumber.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • WORKSHOP PENINGKATAN PERSALINAN AMAN MELALUI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI KECAMATAN WARUNGKONDANG KABUPATEN CIANJUR

Trending Now

Iklan

iklan