HEADLINE
---
deskripsi gambar

SMK IT Nurul Huda Cianjur Lepas 50 Siswa Ikuti Praktik Kerja Lapangan (PKL)



CIANJUR,[KC],- Sedikitnya 50 siswa-siswi kelas XII jurusan kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan  SMK IT Nurul Huda Cianjur  dilepas secara resmi oleh kepala sekolah untuk melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL), Kamis (16/11) kemarin. Pelepasan dilaksanakan di gedung BLKK Nurul Huda Cianjur yang dihadiri oleh KH. Endang Yusuf selaku Ketua Yayasan Nurul Huda dan H. Ayi Abdul Hamid selaku  Ketua Komite Sekolah.

Ketua Kompetensi keahlian TKJT SMK IT Nurul Huda Cianjur Yodi Taufik Ramadhan  menyampaikan laporannya bahwa pelaksanaan PKL yang dilaksanakan di dunia usaha/dunia industry merupakan bagian yang tak terpisahkan dari usaha peningkatan kualitas sumber daya manusia  dari Sekolah Menengah Kejuruan. Pasalnya, program tersebut merupakan kegiatan praktik langsung yang harus dilakukan siswa SMK di dunia usaha/dunia industri, baik instansi pemerintah maupun swasta. Para siswa PKL rencananya akan ditempatkan di 16 lokasi dunia usaha/dunia industry yang sebelumnya sudah melakukan penandatanganan MOU Kerjasama Industri dengan sekolah.

Sementara itu Kepala SMK IT Nurul Huda Cianjur  Asep Moh Muhsin mengatakan, sebelum mereka terjun PKL mereka telah melalui tahapan tahapan pengujian kompetensi dan pembekalan lainnya yang berhubungan dengan dunia insudtri.

"Salah satu materi yang diberikan adalah membangun karakter karena ini hal yang utama jika mereka terjun ke Dunia Usaha dan Dunia Industri,"kata Kepsek..

Kata dia, mereka memiliki kompetensi yang banyak antara lain kompetensi teknik jaringan internet, teknisi komputer,  aplikasi pengolah kata, google workspace dan materi lainnya yang mendukung kelancaran mereka selama berada di mitra Industri .

"Siswa akan dinilai dalam bekerja maka dia harus tunjukkan bahwa dia bisa dan mampu serta bekerja secara jujur dan penuh tanggung jawab,"ungkap Kepsek.

Lanjut dia, PKL mengacu pada Permendikbud no 20 tahun 2018 dimana siswa mengembangkan budaya karakter dan budaya kerja serta meningkatkan kompetensi sesuai kebutuhan dunia kerja dan dunia industri. Dia pun berharap, agar para siswa selesai PKL mereka suda siap bekerja jika lulus nanti.[KC.06]**

Also Read:
Post a Comment
Close Ads