Iklan

iklan

SMK IT Nurul Huda Ukur Pencapaian Kompetensi Melalui Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Tahun 2024

Admin
Friday, February 16, 2024 | 5:04:00 PM WIB Last Updated 2024-03-19T15:58:51Z


CIANJUR [KC],- SMK IT Nurul Huda Cianjur  melaksanakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) tahun 2024 untuk  Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan, acara pembukaan dilaksanakan Jum'at (16/02) turut serta hadir seluruh siswa kelas XII, guru Program Keahlian, Pengurus Yayasan, dan perwakilan DUDI dari PT. Mitra Sinergi Informa.

Kegiatan UKK ini diikuti oleh 50 siswa kelas XII dari satu kompetensi keahlian  Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), sebelumnya SMK IT Nurul huda sudah melalui verifikasi dan Validasi penentukan Tempat Uji Kompetensi oleh Pembina Pengawas dari Dinas Pendidikan Propinsi Jawa barat.

Ketua Kompetensi Keahlian TKJ SMK IT Nurul Huda, Yodi Taufik Ramadhan menjelaskan bahwa Uji Kompetensi Keahlian (UKK) merupakan penilaian yang diselenggarakan khusus bagi siswa SMK untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik yang setara dengan kualifikasi jenjang 2 (dua) atau 3 (tiga) pada KKNI. Juga merupakan salah satu upaya pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan SMK. Dengan adanya Uji Kompetensi Keahlian (UKK) ini, diharapkan SMK bisa menghasilkan lulusan peserta didik terbaik dan berkompeten dibidang keahliannya masing-masing.

" Adapun pelaksanaan UKK di SMK IT Nurul Huda dilakukan oleh  mitra dunia usaha/industri dari PT. Mitra Sinergi Informa, yang sebelumnya sudah dilakukan MOU Kerjasama Industri" Ucap Yodi.

UKK juga memiliki peran yang sangat penting dalam kelulusan peserta didik, karena hasil UKK nantinya akan menjadi indikator dalam pencapaian standar kompetensi kelulusan yang dapat membantu mengukur dan memastikan tingkat kompetensi yang dimiliki peserta didik. 


Yodi juga menjelaskan  hasil akhir dari pelaksanaan UKK ini adalah diterbitkannya sertifikat kompetensi bagi peserta didik yang nantinya akan dinyatakan kompeten. Jadi, bagi peserta didik SMK selain mereka nantinya akan mendapatkan ijazah sekolah juga akan mendapatkan sertifikat kompeten dari Mitra Industri.

Hasil UKK bagi peserta didik akan menjadi indikator ketercapaian standar kompetensi lulusan. Sedangkan bagi stakeholder hasil UKK bisa dijadikan sebagai sumber informasi atas kompetensi yang dimiliki oleh calon tenaga kerja. [KC. 08]**

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • SMK IT Nurul Huda Ukur Pencapaian Kompetensi Melalui Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Tahun 2024

Trending Now

Iklan

iklan