Iklan

iklan

Persib Kalah Telak 4-0 dari Persipura, Manager Persib Jatuh Sakit

Monday, February 27, 2012 | 8:24:00 PM WIB Last Updated 2012-02-27T13:29:01Z
FOTONews : Simamaung.com

KabarCianjur; Persib Bandung harus pulang tertunduk karena kalah dari Papua tanpa poin. Pada laga kedua tur Papua melawan Persipura Jayapura di Stadion Mandala, Senin (27/2), Persib kalah 4-0. Keempat gol tim Mutiara Hitam dicetak oleh Boas Salosa, Ian Luis Kabes, Jajang Sukmara (gol bunuh diri) dan Titus Bonai.

Berhadapan dengan pasukan  Jackson F Tiago, Persib mengalami krisis striker. Moses Sakyi terhukum akumulasi kartu kuning dan Aliyudin terserang demam sejak semalam. Persib hanya menyisakan Airlangga dan Sigit Hermawan. Kondisi ini membuat coach Drago Mamic menerapkan formasi permainan 4-2-3-1. Padahal sebelumnya, pelatih asal Kroasia ini akan menggunakan pola 4-4-2.

Bermain sepak bola di Jayapura, Persib memiliki catatan buruk. Persib tidak pernah meraih poin. Pada laga sore ini, besar tekad Persib untuk memperbaiki rekor. Namun kenyataannya Persib harus memperpanjang rapor buruk di tanah Papua. Sebelumnya, Persib pun kalah 0-3 di Stadion Pendidikan Wamena, melawan Persiwa.

Persib memiliki peluang untuk unggul pada menit ke 8. Tendangan sudut Miljan Radovic berhasil diteruskan Airlangga. Namun gol tersebut dinyatakan tidak sah, karena sebelumnya terjadi pelanggaran yang dilakukan M Ilham.

Airlangga mendapat peluang keduanya sepuluh menit kemudian. Namun pergerakannya di dalam kotak penalti dijegal pemain lawan. Kendati demikian, wasit Oleh Hadi tidak melihat adanya pelanggaran.

Awal kekalahan Persib dimulai pada menit ke 25. Pemain belakang Persib melakukan blunder sehingga Alberto Goncalves hanya tinggal berhadapan dengan Jandri Pitoy. Tak ada kawan, Jandi memutuskan untuk menghentikan pergerakan Beto. Sayang aksinya tersebut berbuah kartu kuning untuk Jandri dan tendangan bebas untuk tim tuan rumah. Tendangan bebas yang dieksekusi Boas Salosa langsung menuju gawang dan membuat Persib kebobolan.

Persib mendapatkan kesempatan untuk menyamakan kedudukan pada menit ke 30. Tetapi bola tendangan bebas Miljan Radovic membentur tiang gawang Persipura.

Tak berhasil mengejar, gawang Persib malah kembali kebobolan. Gol Ian Luis Kabes mengubah skor menjadi 2-0 untuk keunggulan Persipura.

Satu menit menjelang waktu turun minum, pemain Persib Jajang Sukmara melakukan gol bunuh diri. Berniat menghalau bola sepak pojok Titus Bonai, bola justru meluncur ke dalam gawang Jandri Pitoy. Babak satu berakhir dengan skor 3-0 untuk keunggulan tim tuan rumah.

Memasuki babak kedua, Mamic memasukkan Budiawan dan menarik keluar Jajang Sukmara. Budiawan yang memiliki tipikal menyerang, diharapkan mampu mendongkrang daya serang Persib.

Nyatanya, menit 56 Jandri Pitoy kembali harus memungut bola dari dalam gawangnya sendiri. Kerjasama dua pemain muda Persipura mampu membobol gawang Persib. Titus Bonai bisa mengeksekusi bola umpan pendek Ian Luis Kabes menjadi sebuah gol.

Di sisa waktu babak kedua, Persib bisa menusuk hingga ke barisan pertahanan Persipura. Bahkan palang pintu Persib, Abanda Herman ikut turun membantu lini depan. Namun hingga peluit panjang, kedudukan tetap 4-0 untuk kemenangan Persipura.

Target 2 poin yang diusung Persib sedari Bandung harus pupus. Maung Bandung gagal meraih poin di tanah Papua.

Manager Persib Sakit dan Kecewa

Sementara itu tak tahan melihat kondisi klubnya yang babak belur di Papua, manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar, jatuh sakit dan harus dilarikan ke rumah sakit. beberapa saat setelah pertandingan usai Umuh menerima kabar buruk dari Jayapura. ‘Maung Bandung’ takluk empat gol tanpa balas di kandang Persipura Jayapura.

“Rasanya capek, tidak tahu saya harus gimana lagi untuk Persib. Apa yang salah dengan Persib, kalau tau mau dibantai seperti ini, lebih baik kita tidak berangkat saja ke Papua, biar di WO saja," kata umuh..

“Sebelum berangkat ke Jayapura, sebetulnya kondisi saya sudah sakit. Tapi saya ingin mendampingi tim. Saya punya tanggung jawab. Istri saya sudah mencegah, tapi saya ingin ke Jayapura. Sampai disana saya sudah tidak kuat, akhirnya dibawa pulang kesini. Mendengar Persib kalah lagi, saya sangat kecewa," tukasnya.

Persib tak sanggup membalas satupun gol Persipura yang dicetak Boaz Salossa, Ian Louis Kabes, Titus Bonai dan gol bunuh diri Jajang Sukmara.

Umuh Muchtar memang dikenal sangat loyal kepada Persib. Ia rela merogoh koceknya sendiri untuk membesarkan Persib. Umuh pula yang memelopori berdirinya PT Persib Bandung Bermartabat, yang menjadikan 'Maung Bandung' sebagai salah satu klub profesional pertama di Indonesia (KC01)**
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Persib Kalah Telak 4-0 dari Persipura, Manager Persib Jatuh Sakit

Trending Now

Iklan

iklan