Iklan

iklan

BPBD Jabar Latih 100 Relawan Cianjur

Sunday, April 22, 2012 | 10:10:00 PM WIB Last Updated 2012-04-22T15:10:26Z
Cipanas (KabarCianjur) - Sebanyak 100 relawan dari berbagai latar belakang mengikuti sosialisasi peningkatan kesadaran masyarakat terhadap bencana gunung api yang diselenggarakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat di wisma Pramuka Mandala Kitri Kawasan Wisata Cibodas, Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, selama tiga hari hingga Minggu (22/4).

Kegiatan yang merupakan rangkaian roadshow BPBD Provinsi Jawa Barat itu sebelumnya telah melakukan kegiatan yang sama di Kabupaten Garut, Kuningan, Bandung Barat, dan Tasikmalaya. Setelah Cianjur giliran Sukabumi yang akan mendapatkan giliran. Kegiatan yang melibatkan 100 peserta yang berasal dari masyarakat, BPBD Cianjur,  TAGANA, PMI, Pramuka, TNI/Polri di berikan materi-materi yang berkaitan dengan kecakapan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya Bencana Gunung Gede Pangrango.
"Sehingga diharapkan nanti masyarakat dapat membuat peta kawasan untuk menempatkan posisi pengungsian dan rute evakuasi penyelamatan bagi masyarakat. Selain itu juga peserta dibekali teknik-teknik evakuasi dan pengetahuan tentang Manajemen Bencana," kata Asep Muhsin peserta dari Tagana Cianjur.
Kepala BPBD Provinsi Jawa Barat, Udjwalprana Sigit, mengatakan, BPBD   Jabar berupaya  mengingatkan penduduk didaerah yang rawan terjadi bencana agar selalu waspada dan siap siaga. "Apabila suatu saat nanti terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, dengan adanya simulasi terutama dalam pelaksanaan evakuasi dan penyelamatan diri bisa bermanfaat bagi masyarakat khusunya yang berada ditempat rawan bencana," katanya.
Selama ini, menurut Sigit, pemahaman masyarakat terhadap bencana alam masih terbilang rendah. Karena itu, perlu dibangun komunikasi dengan masyarakat setempat tentang penanggulangan bencana alam. "Kegiatan ini merupakan salah satu bagianya, mudah-mudahan bisa bvermanfaat bagi masyarakat banyak," harapnya.
Selain memberikan penjelasan tentang bagaimana yang harus dilakukan saat menghadapi bencana alam, BPBD juga menggelar simulasi penanggulangan bencana alam di lapangan agar masyarakat lebih mengerti dan paham ketika kemungkinan buruk terjadi menimpa mereka.
Pada kegiatan tersebut juga telah dibentuk bersama-sama dengan masyarakat sebuah gerakan pengurangan resiko bencana yang didalamnya terdapat berbagai unsur yaitu Forum Kesiapsiagaan Dini Masyarakat untuk menuju terciptanya Masyarakat Tangguh. "Kita harapkan Cianjur dapat tangguh sesuai dengan motto BPBD Jawa Barat Menuju Jawa Barat Tangguh," katanya (KC-02)***
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • BPBD Jabar Latih 100 Relawan Cianjur

Trending Now

Iklan

iklan