Iklan

iklan

Kawasan Wisata Cipanas Sumber PAD Terbesar Cianjur, Tapi Jalanya Banyak Yang Rusak

Friday, April 27, 2012 | 11:53:00 PM WIB Last Updated 2012-04-27T16:53:02Z
FOTO : Jalan Cipanas Rusak, Padahal PAD Besar 
CIPANAS, (KC).- Jalan dikawasan wisata Cipanas tepatnya didepan pasar Cibadak Trade Centre kondisinya rusak parah. Para pengguna jalan harus ekstra hati-hati jika melintas di jalan tersebut akibat kondisi jalan banyak berlubang. Tidak hanya itu jalan yang semula beraspal saat ini sebagian besar sudah terlihat bebatuan yang menonjol.
"Hampir setiap hari ada saja pengguna sepeda motor yang terjatuh. Apalagi kalau hujan turun, kondisi jalan seperti sungai, jadi sangat sulit membedakan mana jalan yang tidak berlubang dan yang berlubang. Pokoknya sangat berbahaya jika tidak hati-hati jika melintas dijalan tersebut," kata Asep Dadang (45) warga Cibadak saat ditemui di depan pasar Cibadak, Jum'at (27/4).
Dikatakan Asep, warga sudah beberapa kali menyampaikan keluhan kerusakan jalan tersebut kepada pemerintah. Bahkan beberapa pengusaha juga sempat mendatangi DPRD Cianjur untuk menyampaikan persoalan kondisi jalan di jalur wisata yang saat ini kondisinya rusak parah. Namun hingga kini belum ada tanda tanda perbaikan dari pemerintah.
"Tidak hanya warga yang telah menyampaikan persoalan jalan ini, para pengusaha yang ada di Cipanas juga pernah datang ke DPRD untuk menyampaikan persoalan kendisi jalan. Karena ini menyangkut nama daerah, banyak wisatawan dari luar daerah yang datang. Kalau kondisi jalanya rusak seperti ini selain mempengaruhi jumlah kunjungan juga akan membawa citra tidak baik bagi Cianjur," katanya.
Pihaknya berharap Pemkab Cianjur bisa memilah yang namanya skala prioritas dalam pembangunan infrastruktur jalan. Azas manfaat harus didahulukan dibandingkan dengan kepentingan politik. "Kawasan Cipanas itu merupakan wilayah penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbesar buat Cianjur, jadi sangat wajar kalau minta perhatian lebih. Setengahnya lebih PAD dari kawasan Cipanas itu disumbangkan buat Cianjur," kata Asep.
Akibat banyaknya jalan yang rusak didaerah yang sempat dikenal sebagai petro dolar itu memunculkan kembali desakan untuk memisahkan diri dari Cianjur. Seperti yang diungkapkan Yonagie (39) warga Sukanagalih, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur. Pihaknya juga kesal manakala melihat jalan didepan rumahnya dibiarkan rusak tidak ada tanda tanda untuk diperbaiki.
"Sangat wajar kalau genderang pemekaran ini kembali ditabuh, karena masyarakat selama ini sudah merasakan dampaknya. Sepertinya Pemkab Cianjur masih kurang maksimal memberikan perhatian kepada kawasan Cipanas. Padahal sebagai daerah penyumbang PAD terbesar dan menjadi aset berharga itu harus mendapatkan perhatian lebih, bukan sebaliknya," kata Yonagie.
Secara terpisah Kepala Dinas Binamarga Kabupaten Cianjur, H. Atte Adha Kusdinan mengungkapkan, akan ada perbaikan jalan di jalur kawasan wisata Cipanas pada tahun anggaran 2012 sekarang. Hanya saja perbaikan jalan tersebut belum bisa dilakukan seluruhnya mengingat keterbatasan anggaran yang dimiliki Pemkab Cianjur.

"Sudah masuk dalam rencana perbaikan tahun ini, tapi belum seluruhnya. Secara bertahap akan diperbaiki. Jalan Cibadak simpang dan sebagian jalan alternatif Hanjawar Pacet tahun ini direncanakan akan segera diperbaiki," kata Atte saat dihubungi terpisah (KC-02)***. 
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kawasan Wisata Cipanas Sumber PAD Terbesar Cianjur, Tapi Jalanya Banyak Yang Rusak

Trending Now

Iklan

iklan