Iklan

iklan

Diskop UMKM Revitalisasi KUD

Thursday, May 3, 2012 | 5:07:00 PM WIB Last Updated 2012-05-03T10:07:53Z
KARANGTENGAH, (KC).- Untuk membangkitkan kembali Koperasi Unit Desa (KUD) yang kini seperti mati suri di Kabupaten Cianjur, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Diskop UMKM) Kabupaten Cianjur menggandeng beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mendorong kegiatan usaha agar KUD bisa berjalan lebih optimal dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.
Kepala Diskop UMKM Kabupaten Cianjur, H. Dudun Abdullah melalui Kepala Bidang (Kabid Koperasi) R. Zulkifli I mengatakan, dalam rangka revitalisasi kelembagaan, usaha dan optimalisasi aset KUD pihaknya telah menggandeng dua OPD untuk sementara yakni Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura dan Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Ketahanan Pangan (BPMD-KP). Kedua OPD tersebut sudah sepakat untuk mendorong kembali bangkitnya KUD di Cianjur.
"Ini revitalisasi KUD terpadu, untuk Dinas Pertanian akan mendorong sektor pertaniannya dalam KUD, sedangkan untuk BPMD-KP akan mendorong dibidang ketahanan panganya. Dalam waktu dekat ini kita juga akan sampaikan ekspos mengenai revitalisasi KUD terpadu ini, apa saja yang harus dilakukan agar bisa berjalan dengan maksimal," kata R. Zulkifli, Kamis (3/5).

Menurutnya, saat ini pihaknya telah memulai melakukan revitalisasi KUD di daerah Bojongpicung. Ada dua KUD yang saat ini tengah dilakukan revitalisasi yakni KUD Mekarsari Cibarengkok dan KUD KUD Mitrajati Bojongpicung. "Untuk KUD Mitrajati Bojongpicung sudah dilakukan revitalisasi dengan kepengurusan baru dengan sebagain besar anggota 
Gapoktan Warga Tani," jelasnya.

Untuk mewujudkan kembalinya KUD menjadi satu-satunya koperasi yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat, baik disektor perdagangan dan pertanian perlu waktu dan kerjasama antar pihak. "Kalau melihat data yang ada saat ini, jumlah KUD di Kabupaten Cianjur mencapai 36 KUD dan yang aktif sekitar 7 KUD, ini perlu kerja keras untuk bisa kembali membangkitkannya. Rata-rata KUD itu semuanya memiliki aset yang tidak sedikit dan ini menjadi modal berharga untuk bisa dikembangkan," katanya.
Tidak hanya KUD yang kini didorong untuk bisa kembali bangkit, beberpa koperasi yang kurang aktif juga akan diupayakan untuk bisa bangkit dan melakukan aktivitas kegiatan usahanya. Untuk mewujudkan itu, Diskop UMKM telah menyebar 10 sarjana pendamping untuk melakukan pendampingan terhadap koperasi-koperasi yang memiliki potensi untuk dikembangkan.

"Kita memiliki target dalam satu tahun ini ada koperasi-koperasi yang memiliki potensi untuk berkembang bisa berjalan dan meningkat aktivitas kegiatan dan usahanya. Karena sebenarnya kalau koperasi ini bisa berjalan dengan maksimal sebagai branch koperasi, ekonomi masyarakat akan meningkat dan sejahtera," katanya (KC-02)***. 
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Diskop UMKM Revitalisasi KUD

Trending Now

Iklan

iklan