Headlines News :
Home » , , » Sebanyak 30 TKI Cianjur Bermasalah, Mayoritas Tidak di Gaji Oleh Majikan

Sebanyak 30 TKI Cianjur Bermasalah, Mayoritas Tidak di Gaji Oleh Majikan

Report By : kabar cianjur on Sabtu, 23 Juni 2012 | 20.35.00

CIANJUR, (KC).-Sepanjang tahun 2012 hinga bulan Juni terdapat sedikitnya 30 kasus Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang terjadi dan menimpa TKI asal Cianjur. Para TKI bermasalah tersebut mayoritas bekerja di Arab Saudi. Sisanya tersebar diwilayah Asia lainya.
Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Cianjur, H. Sumitra melalui Kepala Seksi Penempatan Tenaga Kerja
Ubaidillah mengatakan, kasus yang menimpa para TKI itu mayoritas mengenai gaji yang tidak terbayarkan dan tindak kekerasan yang dilakukan oleh para majikan.
"Di Cianjur ini mayoritas menjadi TKI ke Arab Saudi, kasusnya masalah gaji tidak dibayar, kekerasan majikan, over stay hingga meninggal dunia. Untuk masalah gaji seringkali para TKI dibodohi agar menanda tangani berkas oleh majikanya saat akan dipulangkan dan dijanjikan akan dikirim gajinya setelah sampai ke Indonesia, tapi semua itu hanya tipu muslihat. Ini terjadi akibat kelemahan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki oleh para TKI," kata Ubaidillah, Jum'at (22/6).
Untuk membantu penyelesaian yang menimpa para TKI, pihaknya selalu menegaskan kepada para Perusahaan Pengerah Tenaga Kerja Indonesia Swsta (PPTKIS) agar selalu menindak lanjuti saat mendapatkan informasi adanya TKI yang bermasalah.
"PPTKIS harus selalu bertanggung jawab saat TKI yang diberangkatkan menghadapi masalah. Namun kenyataanya banyak diantara pihak PPTKIS yang culas seakan lepas tanggungjawab. Ada juga PPTKIS yang sudah tutup saat dilakukan pengecekan," katanya.
Untuk mendukung membantu penyelesaian masalah TKI Pemkab Cianjur baru bisa sebatas membantu biaya perjalanan dinas bagi para pegawainya."Memang ada bantuan untuk membantu penanaganan TKI bermasalah, tapi hanya sebatas transportasi saja," katanya.
Pihaknya berharap, persoalan TKI di Kabupaten Cianjur bisa terus menurun seiring dengan semakin tertibnya administrasi pemberangkatannya. "Harapan kita tentu masalah semakin berkurang. Kalau pada tahun 2011 silam terdapat 76 kasus, pada tahun 2012 ini harapan kita bisa menurun," papar Ubaidillah (KC-02)***.
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
Share this post :

+ komentar + 1 komentar

23 Oktober 2012 15.19

wanita cianjur itu hampir semuanya lugu dn rendah hati yg mudah dibohongi oleh yg majikan apa lagi di bohongi para tkl yg bisnis kaburan adeuh langsung kabur,,,,,,,,,,,,,kami harap pemerintah cianjur bisa membuka lembaran kerja di daerah.

Poskan Komentar

 
Redaksi: Jl. Perintis Kemerdekaan Kp. Baru RT. 01/21 Kel. Sayang Cianjur | 089698682683 | 089698682683
Copyright © 2012. KABAR CIANJUR - NPWP : 00.539.489.5-406.000
Template Didukung Published by Mas Template
Proudly powered by KC