Iklan

iklan

Sebanyak 30 TKI Cianjur Bermasalah, Mayoritas Tidak di Gaji Oleh Majikan

Saturday, June 23, 2012 | 8:35:00 PM WIB Last Updated 2012-06-23T13:35:43Z
CIANJUR, (KC).-Sepanjang tahun 2012 hinga bulan Juni terdapat sedikitnya 30 kasus Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang terjadi dan menimpa TKI asal Cianjur. Para TKI bermasalah tersebut mayoritas bekerja di Arab Saudi. Sisanya tersebar diwilayah Asia lainya.
Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Cianjur, H. Sumitra melalui Kepala Seksi Penempatan Tenaga Kerja
Ubaidillah mengatakan, kasus yang menimpa para TKI itu mayoritas mengenai gaji yang tidak terbayarkan dan tindak kekerasan yang dilakukan oleh para majikan.
"Di Cianjur ini mayoritas menjadi TKI ke Arab Saudi, kasusnya masalah gaji tidak dibayar, kekerasan majikan, over stay hingga meninggal dunia. Untuk masalah gaji seringkali para TKI dibodohi agar menanda tangani berkas oleh majikanya saat akan dipulangkan dan dijanjikan akan dikirim gajinya setelah sampai ke Indonesia, tapi semua itu hanya tipu muslihat. Ini terjadi akibat kelemahan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki oleh para TKI," kata Ubaidillah, Jum'at (22/6).
Untuk membantu penyelesaian yang menimpa para TKI, pihaknya selalu menegaskan kepada para Perusahaan Pengerah Tenaga Kerja Indonesia Swsta (PPTKIS) agar selalu menindak lanjuti saat mendapatkan informasi adanya TKI yang bermasalah.
"PPTKIS harus selalu bertanggung jawab saat TKI yang diberangkatkan menghadapi masalah. Namun kenyataanya banyak diantara pihak PPTKIS yang culas seakan lepas tanggungjawab. Ada juga PPTKIS yang sudah tutup saat dilakukan pengecekan," katanya.
Untuk mendukung membantu penyelesaian masalah TKI Pemkab Cianjur baru bisa sebatas membantu biaya perjalanan dinas bagi para pegawainya."Memang ada bantuan untuk membantu penanaganan TKI bermasalah, tapi hanya sebatas transportasi saja," katanya.
Pihaknya berharap, persoalan TKI di Kabupaten Cianjur bisa terus menurun seiring dengan semakin tertibnya administrasi pemberangkatannya. "Harapan kita tentu masalah semakin berkurang. Kalau pada tahun 2011 silam terdapat 76 kasus, pada tahun 2012 ini harapan kita bisa menurun," papar Ubaidillah (KC-02)***.
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sebanyak 30 TKI Cianjur Bermasalah, Mayoritas Tidak di Gaji Oleh Majikan

Trending Now

Iklan

iklan