CIANJUR, (KC).- Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kab. Cianjur menggelar Rapat Kerja Tekhnis Pelaporan dan Evaluasi Kinerja Pengawasan Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2013 Kab. Cianjur, Jum'at-Sabtu (22-23/3/2013) di Wisma Kompas Gramedia Jalan Raya Cipanas, Desa Cipendawa, Kec. Pacet, Kab. Cianjur.

Kegiatan Rapat Kerja Tekhnis tersebut dihadiri 95 dari 96 anggata Panwaslu Kecamatan dari 32 Kecamatan beserta Kepala Sekretariat Panwaslu Kecamatan sebanyak 32 orang. Satu anggota Panwaslu dari Kec. Campaka Mulya tidak hadir akibat terkena sanksi non aktif.

Ketua Panwaslu Kab. Cianjur Yuyun Yunardi melalui Divisi Pengawasan dan Humas Panwaslu Kab. Cianjur, Saepul Anwar mengatakan, Rapat Kerja Teknis Evaluasi Kinerja Pengawasan tersebut merupat rapat akhir sebelum seluruh anggota Panwaslu Kecamatan masa habis tugasnya atau dibubarkan. Dalam rapat kerja tersebut dibahas beberapa hal mengenai hasil pengawasan selama Pilgub Jabar 2013 berlangsung.

"Kegiatanya lebih banyak melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pekerjaan yang telah dilaksanakan tahapan pertahapan Pilgub Jabar. Ada beberapa kekurang yang tentunya akan menjadi perbaikan. Demikian juga ada kelebihan yang patut untuk dipertahankan," kata Saepul.

Evaluasi terhadap Panwaslu Kecamatan per divisi juga dilakukan untuk mengetahui sejauh mana tugas dan fungsi yang telah dijalankan. "Tanpa adanya evaluasi kita tidak akan bisa mengukur sejauh mana keberhasilan yang sudah kita capai. Demikian juga evaluasi menjadi salah satu cara untuk mengetahui kekurangan yang tentunya akan menjadi bahan perbaikan," tegasnya.

Panwaslu Kabupaten juga akan mengumumkan lima Panwaslu Kecamatan yang terbaik. Penilainnya dilakukan oleh Panwaslu Kabupaten secara objektif dari berbagai sudut pandang. "Bukan berarti yang lainya tidak baik, semuanya baik. Hanya saja kita memberikan penilain diantara yang baik itu tentu ada yang terbaik menurut kami," katanya.

Tidak hanya penilain kinerja terhadap Panwaslu Kecamatan, penilain serupa juga dilakukan terhadap Pengawas Pemilu Lapangan (PPL). Hanya untuk PPL penilainya diserahkan ke Panwaslu Kecamatan masing-masing. "Kita hanya menerima usulan satu nama dari setiap kecamatan, baru nantinya akan kita tentukan," paparnya.

Tidak hanya evaluasi terhadap kinerja pengawasan, evaluasi anggaran juga dilakukan mengingat pekerjaan tanpa dukungan anggaran tidak akan berjalan secara maksimal."Evaluasi anggaran juga dilakukan. Kita juga bahkan meminta evaluasi Panwaslu Kabupaten kepada Panwaslu Kecamatan apa kekurangan dan kelebihan kami selama menjadi Panwaslu Kabupaten," tegasnya (KC-02)**.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.