CIANJUR, (KC).- Kekurangan lembar soal ujian nasional (UN) sekolah menengah pertama (SMP) masih mewarnai pada hari terakhir pelaksanaan UN di sejumlah sekolah di wilayah Kab. Cianjur, Kamis (25/4/2013). Bahkan akibat kekurangan soal UN tersebut ada sekolah yang sampai harus menunggu selama 45 menit untuk mendapatkan soal yang harus di foto copy.

Seperti yang terjadi di SMP Pasundan. Sekolah yang hanya berjarak kurang dari 1 kilometer dari komplek Pemkab Cianjur itu terpaksa harus mem foto copy kekurangan lembar soal UN sebanyak 160 lembar. Karena, ada 8 lokal yang kekurangan soal.

"Solusinya kami terpaksa harus mem copy lembar soal, karena, kekurangan itu bukan satu, dua lembar, tapi mencapai 160 lembar dari 8 lokal. Tentu saja akibatnya pelaksanaan UN mengalami keterlambatan selama 45 menit,” kata Wakil Kepala Sekolah SMP Pasundan, Edi Setiono, Kamis (25/4/2013).

Dalam mem copy lembar soal tersebut pihaknya juga melibatkan pengawas UN yang bertugas di sekolahnya. Tidak hanya itu pihak kepolisian juga dilibatkan dalam melakukan pengawalan. "Ini untuk mencegah terjadinya kebocoran soal dan saya yakin tidak bocor karena didampingi pengawas dan polisi saat mem foto copy," tegasnya.

Pihaknya tidak menampik kejadian kekurangan lembar soal UN dan pelaksanaannya terlambat dari jadwal secara tidak langsung mempengaruhi psikologis anak peserta UN. Diprediksi seperti ada keraguan para siswa yang lembar soal UN hasil foto copy dalam mengerjakan soal.

"Kalau panitianya jelas panik, karena soalnya bukan satu atau dua lembar, tapi banyak. Kami sudah melaporkan masalah ini ke pihak terkait di Kabupaten. Kami juga telah mengirimkan berita acara kepada dinas, terkait kekurangan soal UN ini," tuturnya.

Meski sempat kekurangan soal dan terlambat dalam pelaksanaan UN, pihaknya tetap optimis anak didiknya akan meraih hasil yang maksimal. "Kami tetap optimis meski sekolah kami mengalami keterlambatan pelaksanaan UN akibat kekurangan soal, kami yakin para siswa bisa mengerjakan soal dengan baik dan meraih hasil yang maksimal," paparnya (KC-02)**.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.