CIANJUR, [KC].- Sebanyak 96 anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan se Kab. Cianjur dilantik oleh Ketua Panwaslu Kab. Cianjur Saepul Anwar, Selasa (28/5/2013) di aula Hotel Tri Puri Meru Cipanas.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kab. Cianjur Tom Dani Gardiat yang mewakili Bupati Cianjur Tjetjep Muchtar Soleh, Ketua DPRD Cianjur Gatot Subroto dan oerwakilan dari Polres dan Kodim serta undangan lainya.

Dalam amanatnya Ketua Panwaslu Kab. Cianjur Saepul Anwar mengatakan, para anggota Panwaslu Kecamatan yang telah dilantik tersebut sebelumnya telah melewati proses tahapan seleksi mulai dari seleksi administrasi, seleksi kemampuan pengetahuan politik hingga pada pengujian kemampuan lainya.

"Ini merupakan kebanggan yang bukan hanya dirasakan oleh para anggota Panwaslu Kecamatan termasuk masyarakat Cianjur sangat mendambakan figur-figur Panwaslu yang mampu mengemban kepercayaan yang mulia yakni mensukseskan Pemilu Legilatif 2014," kata Saepul saat ditemui seusai pelantikan.

Dikatakan Saepul, pelantikan merupakan gerbang awal bagi anggota Panwaslu Kecamatan dalam melaksanakan tugas. Didepan dipastikan masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, baik yang bersifat administratif maupun operasional. Hal itu membutuhkan waktu, tenaga dan pikiran.

"Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya yang harus dieratkan dalam hati oleh setiap anggota Panwaslu Kecamatan adalah kepentingan undang-undang. Undang-undang adalah amanat rakyat yang harus dijunjung tinggi. Harus melepaskan kepentingan kelompok, Panwas harus satu ikatan yaitu komitmen menjalankan tugas, fungsi dan wewenang secara benar, menjaga integritas, independensi dan senantiasa menjaga sinergitas dengan sesama penyelenggara," tegasnya.

Pihaknya berharap, jalinan komunikasi dan kerjasama yang harmonis senantiasa harus tetap terjalin demi tujuan yang sama yaitu tercapainya proses demokrasi secara langsung, umum, bebas rahasia, jujur dan adil serta tetap tercipta nuansa kenyamanan dan kondusifitas yang baik. "Tentunya kita ingin pelaksanaan Pileg 2014 nanti berkualitas, baik penyelenggaraanya maupun hasilnya," katanya.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Tom Dani Gardiat yang mewakili Bupati Cianjur Tjetjep Muchtar Soleh mengatakan, dengan telah dilantiknya panwas, kiranya dapat membantu mekanisme organisasi terutama dalam mendukung kegiatan tahapan pemilu

"Dalam pelaksanaan demokrasi kaitannya dengan pelaksanaan pemilu selain ditentukan kesadaran masyarakat, juga peran panwas sangat menentukan. Dengan demikian keberadaan panwas harus bena-benar independen, tidak memihak salah satu kelompok atau golongan. Netralitas harus dikedepankan," kata Tom.

Dengan ketekunan dan kerja keras tentu akan siap mengawal pemilu. Melihat beban tugas tanggungjawab, bukanlah masalah yang ringan, perlu kerja keras dan pemikiran kreatif. Diharapkan panwas senantiasa pro aktif dan peka terhadap perkembangan yang ada.

"Saya berhaap agar panwas selalu dan terus menerurs memberikan penyuluhan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat," harapnya [KC-02]**.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.