CIANJUR, [KC].- Proses pemutihan dokumen Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Cianjur di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah, Arab Saudi terus di pantau perkembangannya oleh Pemkab Cianjur melalui Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans). Kabar proses pemutihan dokumen yang melibatkan ribuan TKI menimbulkan kekawatiran terjadinya kericuhan.

"Kami terus melakukan koordinasi dan komunikasi dengan pemerintah pusat, terutama dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI), serta Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) untuk memantau kondisi TKI asal Cianjur yang sedang melakukan pemutihan dokumen," kata Kepala Dinsosnakertrans Kabupaten Cianjur, Sumitra didampingi Kepala Seksi Bina Usaha Kelembagaan, Ahmad Ubaidillah, Senin (10/6/2013).

Dari hasil koordinasi dan komunikasi, sementara tidak ditemukan kendal saat memproses pemutihan dokumen. Pihaknya juga mengaku sempat mendengar adanya TKI asal Cianjur yang meninggal dunia saat sedang memproses pemutihan dokumen. Hanya saja informasi tersebut setelah di cek ternyata tidak benar.

Hanya saja sempat terjadi desak-desakkan saat proses pemutihan dokumen berlangsung. Sebab dalam sehari saja ditaksir tidak kurang dari 300 orang TKI memproses pemutihan dokumen. "Banyaknya TKI yang memproses pemutihan dokumen. Apalagi cuaca di Arab Saudi sangat panas, membuat sejumlah TKI mengalami dehidrasi. Ini yang harus diperhatikan," tuturnya.

Pihaknya mengaku belum bisa memastikan seberapa banyak jumlah TKI asal Cianjur yang ikut memproses pemutihan dokumen di KJRI Jeddah. Saat ini tengah dilakukan upaya komunikasi untuk memastikan berapa banyak TKI asal Cianjur yang melakukan pemutihan dokumen.

"Kami telah berupaya untuk mencari informasi berapa banyak TKI asal Cianjur ke pemerintah pusat. Tapi sampai saat ini belum ada jawaban. Kami tidak langsung melakukan sendiri ke KJRI. Pemerintah pusat melalui Kemenlu yang akan mencari informasinya, kami menunggu jawaban," tegasnya[KC-02]**.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.