CIANJUR, [KC].- Sejumlah warga Kampung Sindanglaka, RT 03/RW 02, Desa Sindanglaka, Kec. Karangtengah, Kab. Cianjur mendatangi kantor Desa Sindanglaka, Senin (15/7/2013). Mereka datang ke kantor desa tidak lain untuk mempertanyakan pendataan Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) yang dianggap tidak merata.

Seperti yang diungkapkan Lilih (50). Kedatangannya bersama warga lainnya ke kantor desa dimaksudkan untuk mengetahui tekhnis pendataan pada program bantuan pemerintah yang mengakibatkan sebagian besar warga miskin di wilayahnya tidak mendapatkannya. Padahal masyarakat yang tidak kedata benar-benar masyarakat yang kurang mampu.

Menurut ibu dari 11 anak ini, jika merujuk pada data Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) semestinya dia juga layak mendapatkan BLSM, tapi kenyataanya tidak. "Ini datanya darimana? Kenapa tidak rata? Kenapa orang-orang seperti kami malah tidak mendapatkan bantuan," keluhnya.

Senada, juga diungkapkan Ade Supriadi (40), dia menyebutkan, sistem pendataan tidak masuk akal. Hal ini disebabkan beberapa orang penerima BLSM merupakan orang dengan kategori mampu. Sementara banyak yang tidak mampu malah tidak mendapatkannya.

"Kenapa bantuan ini tidak berpihak kepada kami yang jelas-jelas kehidupan ekonominya memang lemah. Setahu saya, dari 60 KK yang masuk kategori miskin, hanya 15 KK yang mendapatkan BLSM. Itupun, tidak semua kategorinya tidak mampu, bahkan ada yang lebih mampu malah mendapatkanya," tegasnya.

Untuk itulah pihaknya bersama warga lainnya datang ke kantor desa untuk meminta kejelasan. "Kami ingin tahu kenapa kami tidak terdata, kami ingin tahu alasan pastnya," jelasnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Desa (Kades) Sindanglaka, Kec. Karangtengah, Dewi Mulyawati didampingi Kaur Ekbang Susi menjelaskan, terkait data penerima BLSM diakuinya merupakan data dari pusat. Pemerintah desa tidak pernah mengeluarkan data untuk penerima BLSM.

"Kami juga tidak mengerti soal data ini. Apa indikatornya kami juga tidak tahu. Karena ada beberapa warga yang menerima Jamkesmas, ternyata tidak menerima BLSM atau ada yang dapat BLT, BLSM nya tidak dapat. Ada juga yang mendapatkan semua bantuan," jelasnya [KC-02/zr]**
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.