Iklan

iklan

SRG Cianjur Dapat Penghargaan Dari Kementerian Perdagangan

Sunday, September 29, 2013 | 11:29:00 PM WIB Last Updated 2013-09-29T16:29:46Z
CIANJUR, [KC].- Sistem Resi Gudang (SRG) Kabupaten Cianjur mendapatkan penghargaan dari Kementrian Perdagangan RI sebagai kota/kabupaten terbaik se-Indonesia dalam Sistem Resi Gudang (SRG). Cianjur dinilai berhasil dalam program SRG selama kurun tiga tahun terakhir.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kab. Cianjur, Himam Haris melalui Kabid Perdagangan, Yudi Adi Nugroho mengatakan, prestasi tersebut tidak terlepas dari progres serapan gabah ke SRG yang terus meningkat setiap tahunnya.

Kenyataan itu, dikatakan Yudi menunjukkan para petani di Cianjur, baik secara perseorangan maupun kelompok memberikan kepercayaan penuh kepada pengelola SRG untuk menyimpan gabahnya. Tahun ini saja, sebut dia, hingga September serapan gabah petani ke SRG yang berlokasi di Kp. Cijoho, Desa Jambudipa, Kec. Warungkondang, Kab. Cianjur itu sudah mencapai 767.025 kg.

"Sedangkan tahun lalu serapannya mencapai 1.573.205 kg. Kita optimis tahun ini akan meningkat dibandingkan tahun sebelumnya," tutur Yudi.

Kehadiran gudang SRG di Kab. Cianjur sendiri, diakui Yudi telah dirasakan manfaatnya oleh para petani. Petani tidak lagi kelimpungan menjual hasil panennya atau gabahnya saat harga jatuh. Petani, ujar dia, bisa menyimpan gabahnya ke gudang SRG.

"Nanti mereka akan mendapatkan surat resi atas gabahnya. Surat ini bisa dijadikan jaminan untuk mendapatkan kucuran dana dari bank. Selain memberikan keuntungan kepada petani secara finansial, keberadaan SRG ini diyakini bisa menjamin ketahanan pangan," tandasnya [KC-02/ft]***.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • SRG Cianjur Dapat Penghargaan Dari Kementerian Perdagangan

Trending Now

Iklan

iklan