UNTUK kali kedua, PT. Tirta Investama (AQUA) Gekbrong kembali melakukan gebrakan sebagai bukti kepeduliannya terhadap masyarakat sekitar. Perusahaan produk air mineral tersebut mendukung berlangsungnya kontes Ayam Pelung dengan nama HIPOCI (Himpunan Petani Organik Cianjur) CUP II yang dilaksanakan pada Minggu (6/10) lalu.

HIPOCI yang merupakan lembaga lokal pertanian organik dampingan CSR AQUA yang berada di Desa Gekbrong Kecamatan Gekbrong Cianjur tersebut merupakan salah satu organisasi yang sangat peduli terhadap pertanian dan peternakan.

Manajemen Aqua Cianjur Agus Herdiana, mengatakan, acara kontes Ayam Pelung tingkat Nasional ini dilaksanakan di lapangan Kecamatan Gekbrong. Kontes ini ditujukan untuk melestarikan keanekaragaman hayati yang merupakan aset berharga Kabupaten Cianjur dan Indonesia.

"Keberadaan ayam pelung menjadikan Indonesia memiliki sumber daya lestari yang khas dan diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat," katanya.

Usaha peternakan ayam pelung kata Agus, jika dilakukan secara profesional dapat memberikan keuntungan ganda kepada pengusahanya. Hal yang dapat dijual dari ayam pelung adalah keindahan suara, penampilan, daging dan telurnya. "Saat ini semakin banyak penggemar Ayam Pelung baik dari dalam negeri maupun luar negeri," tandasnya.

PT. TIRTA Investama melihat bahwa pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan CSR merupakan salah satu kegiatan terpadu dalam pengelolaan aset lokal, dimana keragaman hayati dapat dilestarikan. Untuk itu, pendampingan kelompok pembudidaya Ayam Pelung terus mendapatkan suport oleh CSR PT Tirta Investama Plant Cianjur.
"Selain plasma nutfah yang ada yaitu Ayam pelung dapat lestari dengan budidaya dan kontes, disisi lain adalah masyarakat dampingan CSR PT. TIV Plant Cianjur khususnya dapat menikmati dari kegiatan ekonomi yang berlangsung dari peternakan Ayam Pelung," tegasnya.

Dia menerangkan, program pemberdayaan usaha peternakan Ayam Pelung dilakukan dalam upaya pelestarian sumberdaya genetika plasma nutfah Indonesia khas Kabupaten Cianjur. Sedangkan penerima manfaat kegiatan CSR PT Tirta Investama Plant Cianjur, yaitu kelompok usaha ternak Ayam Pelung di bawah HIPOCI dengan anggota sebanyak 51 peternak.

Sementara itu, Ketua Panitia Kontes Ayam Pelung, Amir memaparkan, pada kontes Ayam Pelung tahun ini diikuti sekitar 290 peserta dari berbagai daerah. Selain diadakan lomba keindahan suara, bobot dan penampilan juga merupakan arena jual beli ayam pelung dari mulai anakan hingga ayam Pelung siap kontes bahkan juara kontes dapat juga ditawar. Dengan demikian lomba/kontes ayam pelung sekaligus merupakan bursa penjualan, promosi dan sosialisasi khusus ayam pelung.

"Melalui bursa semacam ini para pembeli, penjual dan penggemar merasa puas karena pada umumnya mendapatkan bibit-bibit maupun induk yang berkualitas dan tambahan pengetahuan tentang segala hal mengenai ayam pelung yang cukup memuaskan dari sesama peternak dan penggemar," katanya [KC-02]***.

Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.