CIANJUR, [KC].- Dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat, Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) berencana akan merekrut tenaga penggerak pengintegrasian layanan sosial (PPL). Sebanyak 360 orang akan direkrut yang akan ditempatkan setiap desa diwilayah Kabupaten Cianjur.

Ketua Forum Kumonikasi Kader Posyandu Kabupaten Cianjur, Esih Sukaesih Karo mengatakan, perekrutan tenaga PPL yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini mengacu pada Permendagri No 19/2011 tentang pedoman pengintegrasian layanan sosial dasar di posyandu serta surat edaran bupati No 400/2646/BKBPP tentang pembinaan dan optimalisasi peran posyandu.

"Atas dasar itulah dalam waktu dekat ini kami akan merekrut tenaga PPL Posyandu sebanyak 360 orang. Memang jumlah tersebut masih kurang idial, sebab idialnya satu PPL harus mendampingi 1.000 warga pasangan usia subur (PUS). Tapi secara bertahap tentunya akan terus kita laksanakan untuk menuju idial," kata Esih saat ditemui diruang kerjanya, Selasa, (1/10).

Dikatakan Esih, perekrutan petugas PPL juga dilakukan untuk membantu menyukseskan program peningkatan posyandu yang cakupan kerjanya tidak lagi mengenai keluarga berencana (KB), tapi juga meliputi ketahanan pangan, kesejahteraan sosial, perlindungan anak, serta menekan angka kematian ibu dan anak.

"Para petugas yang akan kita rekrut ini merupakan masyarakat umum dengan usia maksimal 35 tahun dan pendidikan serendah-rendahnya tingkat SLTA. Kita harapkan mereka yang selama ini memiliki kepedulian terhadap posyandu. Kita tidak melihat laki-laki atau perempuan yang terpenting memenuhi persyaratan mereka berhak untuk menjadi petugas PPL Posyandu," katanya.

Pihaknya menargetkan sampai akhir 2013 ini para PPL Posyandu bisa terbentuk dengan kualifikasi terbaik. "Karena mereka pada tahun depan harus sudah siap diterjunkan dilapangan. Kita akan bekali terlebih dahulu, jangan sampai para PPL Posyandu itu tidak faham tugasnya, minimalnya mengerti tentang layanan umum kesehatanseperti memberikan pemahaman kesehatan dasar, terutama soal pola hidup bersih dan sehat (PHBS)," katanya.

Disebutkan Esih, saat ini jumlah Posyandu yang ada di Kabupaten Cianjur mencapai 2.719 dengan jumlah kader sebanyak 12.363. "Kita akan lakukan pendataan kembali, karena setiap tahunnya ada pengembangan, kaitan dengan desakan kebutuhan masyarakat juga kaitan program PNPM yang didalamnya ada program Posyandu," jelasnya (KC-02)**.





Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.