Iklan

iklan

Minggu Kedua Januari 2014, Kereta Api Cianjur-Sukabumi Beroperasi

Monday, December 16, 2013 | 8:18:00 PM WIB Last Updated 2013-12-16T14:24:37Z
CIANJUR [KC].- Kabar gembira bagi masyarakat Cianjur pecinta transportasi kereta api, karena kereta api Pangrango jurusan Cianjur-Sukabumi dipastikan akan segera beroperasi melayani para penumpang yang selama ini mendambakan kehadirannya. Kepastian tersebut disampaikan oleh Vice Presiden PT KAI Daop 2 Bandung Hendri Anom, disela kunjungannya ke stasiun Cianjur untuk mengecek kesiapan jalur rel yang akan digunakan, Senin (16/12).

"Direncanakan pada minggu ke dua bulan Januari 2014, kereta api jurusan Cianjur-Sukabumi ini sudah bisa beroperasi. Nantinya kereta itu direncanakan akan melayani empat kali pemberangkatan dari Cianjur," kata Hendri Anom saat ditemui, distasiun Kereta Api Cianjur, Senin (16/12).

Untuk mengoperasikan kembali kereta api Cianjur-Sukabumi tersebut berbagai persiapan telah dilakukan termasuk perbaikan rel kereta api. Bahkan jalur terowongan lampegan yang sejak tahun 2009 silam ambruk, kini sudah diperbaiki.

"Persiapannya memang sudah cukup lama, tapi yang fiknya 1,5 bulan ini. Kita cek semua sarananya, termasuk jalannya karena sudah lama tidak beroperasi, banyak penataan kembali. Saat kita cek, kondisi rel masih bagus, hanya ada beberapa bagian lainya yang perlu disempurnakan perbaikannya," katanya.

Sementara untuk jenis lokomotif kereta yang akan dioperasikan juga sudah sesuai dengan kebanyakan lokomotif lainya sebagai kereta diesel. Sehingga diharapkan bisa beroperasi seperti biasa dan tidak mengalami banyak hambatan.

"Kalau sebelumnya kita menggunakan log BB hidrolik, sekarang sudah pakai CC, keretanya juga sudah pakai eksekutif dan AC. Pokoknya kita ingin ini operasional dulu," katanya.

Pihaknya juga tidak menamping, kedepan untuk jalur Cianjur-Bandung bisa difungsikan kembali setelah 1,5 tahun dihentikan operasionalnya. "Itu kedepanya baru kita fikirkan, ini operasi dulu baru yang lainya direncanakan," kata Hendri yang mengaku butuh waktu sekitar 80 menit jarak tempuh dari stasiun Cianjur-Sukabumi [KC-02]***.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Minggu Kedua Januari 2014, Kereta Api Cianjur-Sukabumi Beroperasi

Trending Now

Iklan

iklan