CIANJUR, [KC].- Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cianjur menyiagakan sekitar 15 anggotanya dikawasan Puncak Cipanas untuk mengantisipasi tejadinya lonjakan arus lalu lintas pada libur Imlek atau tahun baru Cina. Petugas tersebut disiagakan dibeberapa titik untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas jika sewaktu-waktu terjadi.

Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Zainal Abidin, mengatakan, sejumlah petugas saat ini sudah siaga disepanjang jalan dikawasan Puncak Cipanas. Mereka disiapkan untuk untuk menghadapi lonjakan jumlah kendaraan yang akan masuk ke Kabupaten Cianjur terutama dari arah Puncak Bogor. Jika sewaktu-waktu terjadi kepadatan, petugas siaga untuk mengurai.

"Sudah dari kemarin, kami sudah tempatkan petugas untuk memantau arus lalulintas menjelang libur panjang. Tapi sejauh ini, mulai dari pagi sampai sore ini tidak ada lonjakan jumlah kendaraan," ujar Zainal saat ditemui di POs Polisi 8 Cepu, Kamis (30/1/2014).

Diprediksikan Zaenal, kendaraan yang dari Bogor masuk ke kawasan Puncak Cipanas diprediksi tidak akan terjadi peningkatan yang signifikan. Hal itu didasarkan dari pengamatan dijalan, jumlah kendaraan yang masuk dari arah Bogor cenderung menurun.

"Tentu kondisi seperti ini tidak terlepas dari kondisi banjir yang terjadi di Jakarta. Sehingga mempengaruhi jumlah wisatawan domestik yang kebanyakan dari Jakarta untuk berkunjung ke Puncak Cipanas dan kecenderungannya menurun," katanya.

Demikian juga dampak daro amblesnya jalan Tol Cipularang km 72 terhadap arus lalulintas di Cianjur, Zainal mengaku tidak ada pengaruhnya. Menurutnya, Tol Cipularang tetap menjadi pilihan warga untuk pulang dan pergi menuju Jakarta-Bandung.

"Sejauh ini di Tol Cipularang dengan sistem contra flow masih bisa menampung jumlah kendaraan yang melintas dari kedua arah. Karena itu selama aksesnya bisa ditampung tidak akan dialihkan ke Kabupaten Cianjur via Jalan Raya Bogor-Cianjur," kata Zainal.

Kendati arus kendaraan masih relatif lancar, pihaknya menghimbau kepada pengguna jalan yang melintas diwilayah Cianjur terutama mereka yang akan menikmati liburan dikawasan Puncak Cipanas untuk selalu menjaga kondisi fisik dan kendaraan serta berhati-hati. Mengingat jalan menuju daerah wisata yang ada di Kabupaten Cianjur berkelok dan menurun serta dibeberapa titik terdapat jalan yang tidak rata atau berlubang.

"Warga juga harus berhati-hati ketika melintas terutama menghadapi alam dan cuaca. Pengguna jalan harus mematuhi rambu lalu lintas, tidak perlu memacu kecepatan kendaraan dengan kecepatan tinggi, dan berhati-hati ketika melintasi jalur yang berkabut dan licin," ujarnya [KC-02]**.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.