CIANJUR, [KC}.- Meski jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sudah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), tapi masih banyak warga yang memenuhi syarat sebagai pemilih dalam Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD dan DPRD tahun 2014 belum terdaftar sebagi pemilih. Hal itu membuat kecewa warga yang memiliki hak pilih.

Divisi Pengawas dan Monitoring Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Kabupaten Cianjur, Kohar Effendi, mengatakan, sampai saat ini KPU telah melakukan validasi terhadap daftar pemilih hingga enam kali. Namun faktanya masih ada saja warga yang tidak masuk dalam daftar pemilih.

"Hasil dari investasi yang kami lakukan masih ada sekitar lima sampai enam pemilik suara dari setiap Tempat Pemungutan Suara yang belum masuk DPT. Sementara jumlah TPS di Cianjur ini mencapai 4 ribuan, tinggal mengalikan saja, berapa jumlah pemilih yang tidak terdaftar," kata Kohar Efendi saat ditemuai di Kantor KPU Cianjur, Minggu (16/2/2014).

Dikatakan Kohar, kondisi ini harus menjadi perhatian penyelenggara pemilu, tapi bukan hanya jumlah warga yang belum terdaftar sebagai DPT , tapi hal lainya juga harus dilakukan adalah bagaimana mencegah kekecewaan warga terhadap hasil pendataan pemilih.

"Ini menjadi salah satu bukti bahwa pendataan berbasis pantarlih (panitia pendaftaran pemilih) ternyata tidak bisa menjadi alat validitas. Karena ketika sudah melakukan pendataan secara maksimal, tapi hasil data di KPU ternyata masih belum akurat. Ini yang jadi miris bahwa pada pemilu 2014, banyak warga terluka akibat dilukai oleh sistem," kata Kohar.

Pihaknya juga tidak menampik jika kekecewaan itu akan mempengaruhi kepada warga lainya untuk tidak menyalurkan hak suaranya pada pemilu 9 April 2014 mendatang. "Yang tadinya hanya satu hingga dua orang, melihat kondisi seperti ini mereka kecewa dan jumlah kian bertambah lantaran tertanam persepsi kurang baik terhadap penyelenggara pemilu yang ada. Ini juga sudah menjadi isu  publik," tegasnya [KC-02]***.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.