CIANJUR, [KC].- Keberadaan Kolam Jaring Apung (KJA) di waduk Ciarata Jangari Kabupaten Cianjur sudah melebihi ambang batas. Sehingga keberadaanya dikawatirkan akan merusak lingkungan.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, saat ini setidaknya ada 21.500 petak KJA. Padahal kapasitas idialnya diperairan Jangari yang berada di wilayah Kecamatan Mande, Haurwangi, Ciranjang, Sukaluyu dan Kecamatan Cikalongkulon itu hanya mampu sebanyak 14 ribu petak.

"Kalau melihat lokasi dan daya tampungnya jelas sudah over kapasitas. Ini memang tidak bisa didiamkan, harus ada upaya penanganan," kata Reni Sarni
Subag TU UPTD Badan Pengembangan Budidaya Perikanan Perairan Umum Cirata (BPBPPUC) wilayah Kabupaten Cianjur, saaat ditemui Jum'at (7/3/2014).

Menurutnya, berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Jawa Barat Nomor 7 Tahun 2011, tentang Pengelolaan Waduk Cirata, disebutkan bahwa satu orang petani maksimal memiliki 20 petak. Sementara kondisi saat ini masih ada seorang petani yang memiliki lebih dari 20 petak KJA.

"Kondisi saat ini memang belum diatur kembali. Karena UPTD baru terbentuk tahun 2013. Tapi kita tetap akan menata kembali KJA di waduk cerita ini. Kita baru melaksanakan di di tiga titik diwilayah Babakan Garut (Ciranjang Haurwangi dan Sukaluiyu). Kita sekalian sensus," katanya.

Kendati sudah mulai melakukan penataan, namun pihaknya belum sampai melakukan penindakan. Pada tahun 2014 ini baru sebatas sosialisasi. "Kita targetkan tahun 2014 ini aturan itu tersosialisasikan kepada para petani KJA. Baru setelah itu kelanjutannya bisa dilakukan penindakan," katanya.

Dengan sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Jawa Barat Nomor 7 Tahun 2011, tentang Pengelolaan Waduk Cirata, diharapkan para petani KJA lebih faham dan tidak menambah lagi jumlah KJAnya.

"Setelah mengetahui peraturannya, kita harapkan mereka yang bermodal utamanya tidak lagi menambah KJA melebihi ketentuan yang sudah diatur. Kalau sampai masih saja membandel, tentu kedepan akan ada upaya penertiban," jelasnya [KC-02]***.
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.