Iklan

iklan

Ratusan Napi Dapat Remisi Lebaran, 13 Napi Langsung Bebas

Monday, July 14, 2014 | 2:32:00 AM WIB Last Updated 2014-07-14T03:58:56Z
CIANJUR, [KC].- Sebanyak 543 narapidana yang menghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas 2B Cianjur mendapatkan remisi atau pengurangan masa hukuman. Pemberian remisi tersebut diberikan Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) dalam rangka hari besar Idul Fitri dan hari kemerdekaan RI.

Kepala Lapas kelas 2B Cianjur Tri Saptono Sambuji mengatakan, pemberian remisi tersebut diberikan kepada para narapidana yang telah menjalani hukuman minimal enam bulan. Selain itu mereka yang mendapatkan remisi juga berkelakuan baik selama berada didalam Lapas.

"Khusus bertepatan dengan Lebaran Idul Fitri kali ini ada sebanyak 413 orang yang mendapatkan remisi khusus. Ada juga yang mendapatkan remisi umum sebanyak 375 orang. Mereka ada yang mendapatkan remisi hingga dua kali atau merangkap," kata Tri Saptono Sambuji, Minggu (13/7).

Menurut Tri Saptono, salah satu kriteria narapidana yang diusulkan untuk mendapatkan remisi diantaranya tidak melanggar tata tertib (tatib), program pesantren dan masa pidana sudah menjalani hukuman 6 bulan.

"Adapun besaranya remisi masing-masing berbeda, ada yang 15 hari sampai 1,5 bulan untuk remisi khusus. Sedangkan untuk remisi umum paling lama 5 bulan dan paling sedikit 1 bulan. Khusus untuk remisi Idul Fitri, 13 orang dinyatakan bebas," katanya.

Selain remisi umum dan khusus, remisi juga diberikan kepada anak dan lansia. "Ada 6 anak yang mendapatkan remisi, sedangkan untuk lansia ada 7 orang," katanya.

Over Kapasitas
Hingga saat ini Lapas kelas 2B Cianjur telah dihuni oleh 747 orang. Dari jumlah tersebut 598 orang merupakan narapidana pria dan 9 narapidana perempuan. Sisanya merupakan tahanan titipan baik dari kepolisian maupun kejaksaan.

"Kalau melihat jumlah penghuni yang ada Lapas ini sudah over kapasitas. Karena seharusnya hanya untuk menampung sekitar 400 orang. Dengan adanya kegiatan pesantren didalam Lapas Alhamdulillah berjalan kondusif. Selama ini banyak membawa manfaat," katanya [KC-02]**.
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ratusan Napi Dapat Remisi Lebaran, 13 Napi Langsung Bebas

Trending Now

Iklan

iklan