CIANJUR, [KC].- Sebanyak 543 narapidana yang menghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas 2B Cianjur mendapatkan remisi atau pengurangan masa hukuman. Pemberian remisi tersebut diberikan Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) dalam rangka hari besar Idul Fitri dan hari kemerdekaan RI.

Kepala Lapas kelas 2B Cianjur Tri Saptono Sambuji mengatakan, pemberian remisi tersebut diberikan kepada para narapidana yang telah menjalani hukuman minimal enam bulan. Selain itu mereka yang mendapatkan remisi juga berkelakuan baik selama berada didalam Lapas.

"Khusus bertepatan dengan Lebaran Idul Fitri kali ini ada sebanyak 413 orang yang mendapatkan remisi khusus. Ada juga yang mendapatkan remisi umum sebanyak 375 orang. Mereka ada yang mendapatkan remisi hingga dua kali atau merangkap," kata Tri Saptono Sambuji, Minggu (13/7).

Menurut Tri Saptono, salah satu kriteria narapidana yang diusulkan untuk mendapatkan remisi diantaranya tidak melanggar tata tertib (tatib), program pesantren dan masa pidana sudah menjalani hukuman 6 bulan.

"Adapun besaranya remisi masing-masing berbeda, ada yang 15 hari sampai 1,5 bulan untuk remisi khusus. Sedangkan untuk remisi umum paling lama 5 bulan dan paling sedikit 1 bulan. Khusus untuk remisi Idul Fitri, 13 orang dinyatakan bebas," katanya.

Selain remisi umum dan khusus, remisi juga diberikan kepada anak dan lansia. "Ada 6 anak yang mendapatkan remisi, sedangkan untuk lansia ada 7 orang," katanya.

Over Kapasitas
Hingga saat ini Lapas kelas 2B Cianjur telah dihuni oleh 747 orang. Dari jumlah tersebut 598 orang merupakan narapidana pria dan 9 narapidana perempuan. Sisanya merupakan tahanan titipan baik dari kepolisian maupun kejaksaan.

"Kalau melihat jumlah penghuni yang ada Lapas ini sudah over kapasitas. Karena seharusnya hanya untuk menampung sekitar 400 orang. Dengan adanya kegiatan pesantren didalam Lapas Alhamdulillah berjalan kondusif. Selama ini banyak membawa manfaat," katanya [KC-02]**.
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.