CIANJUR,[KC],- Dalam upaya pembenahan, penataan dan pengembangan kawasan pariwisata di Kabupaten Cianjur, khususnya di wilayah Cikalongkulon, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Cianjur meresmikan 11 kios yang akan dimanfaatkan para pedagang di sekitar area wisata ziarah Cikundul belum lama ini.

Pada acara seremonial peresmian yang dihadiri Kabid Pariwisata Adang Sumaryadi mewakili Pemerintah Kabupaten Cianjur ini, juga tampak hadir jajaran dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Aparatur Desa Cijagang, Pengurus Kompepar, Tokoh agama dan masyarakat setempat, serta para pedagang yang akan mengisi kois kios yang berada di sekitar pemakaman Dalem Cikundul.          

Pembangunan kios-kios tersebut, menurut panitia pembangunan yang langsung ditangani Kompepar ini menghabiskan biaya Rp. 165.000.000,- dan diselesaikan tepat waktu dalam 20 hari kalender. Saat itu juga panitia pembangunan menyerahkannya kepada para pedagang, dengan harapan para pengguna kios ini dapat memperhatikan pemeliharaannya di kemudian hari.

Sementara itu, Kepala Desa Cijagang yang diwakili sekretaris nya, mengemukakan rencana ke depan selain sebagai tempat tujuan wisata ziarah, akan dikembangkan menjadi kawasan wisata budaya atau kampung adat yang berbudaya, di mana masyarakat nantinya harus mampu mengaplikasikan tata titi sebagai warga masyarakat yang baik yang mempunyai etika dalam kehidupan bermasyarakat.      

Adang Sumaryadi Kepala Bidang Pariwisata Disbudpar, sekaligus mewakili Pemerintah Kabupaten Cianjur sangat mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Kompepar (Kelompok Penggerak Pariwisata), jajaran Pemerintah Desa Cijagang serta para pedagang, yang telah menunjukkan nilai-nilai kegotongroyongan dalam penyelesaian pembangunan 11 unit kios ini. “Pada 1 Syawal para pedagang di kawasan wisata ziarah ini dapat segera beraktivitas menghidupkan kembali denyut ekonomi dengan wajah dan penataan yang lebih baik, mudah mudahan dengan wajah baru ini dapat meningkatkan pendapatan para pedagang” tutur Adang.

Di tempat terpisah, Tedi Artiawan Kepala Disbudpar Kabupaten Cianjur menegaskan, pihaknya selaku Pembina Kompepar akan mendukung program-program dan inovasi masyarakat dalam rangka menciptakan Sapta Pesona  menuju terwujudnya Visit Cianjur. Di akhir pembicaraan, Tedi atas nama Pemkab Cianjur menyampaikan permohonan maaf lahir dan bathin dalam rangkaian idul fitri 1435 H. [KC.04]***
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

1 comments:

  1. hebat, terus berbenah kabupaten cianjur. . .
    agar menjadi kabupaten layak huni. . .

    BalasHapus

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.