‎​CIANJUR, [KC].- Jalan sepanjang sekitar 10 kilometer yang menghubungkan arah Leuwi Malang, Warung Awi, Sukasari sampai Desa Simpang Kecamatan Takokak Cianjur selatan kondisinya rusak parah. Bahkan konon jalan tersebut sepanjang 8 tahun terakhir tidak pernah mendapat perhatian dari Pemkab Cianjur untuk dilakukan perbaikan.
Padahal jalan tersebut merupakan akses utama bagi warga. Selain sebagai penunjang roda perekonomian, jalan tersebut juga merupakan satu-satunya jalan penghubung antar wilayah.
Seperti yang dikeluhkan warga sekaligus tokoh masyarakat Desa Simpang Muharom (60), rusaknya jalan tersebut sangat mengganggu akses warga yang ingin bepergian. Jarak tempuh yang semestinya bisa lebih cepat, lantaran jalan rusak bisa semakin lama.
Rusaknya jalan juga berdampak pada roda perekonomian. Masyarakat yang ingin mengagkut hasil bumi mengalami kesulitan. Kalaupun bisa dilakukan harus membayar biaya transportasi yang jauh lebih mahal.
Rusaknya jalan juga mengakibatkan tingginya angka kecelakaan berlalu lintas. Kondisi tersebut acap kali terjadi bila terjadi hujan lantaran jalan semakin licin. "Apalagi kalau musim penghujan datang, banyak masyarakat yang jatuh dikarenakan jalannya licin diperparah dengan kondisi tanah merah, berbatu dan terjal. Banyak kerugian yang dialami oleh masyarakat dari mesin motor maupun mobil banyka yang rusak, jarak tempuhpun menjadi lama," kata Muharom, Kamis (14/8/2014).
‎​Rusaknya jalan juga membuat pemilik kendaraan enggan melintas. Mereka kawatir kendaraannya rusak terkana lubang jalan yang setiap saat menyambutnya. "Biasanya jarak yang ditempuh mencapai 2 jam setengah karena jalan rusak menjadi 4 jam. Diperparah lagi kendaraan roda empat jarang ada yang mau melewati jalan tersebut," katanya.
Pihaknya berharap, Pemkab Cianjur mau memperhatikan infrastruktur diwilayah Cianjur bagian selatan. Karena rusaknya jalan berdampak sangat luas. "Selain roda perekonomian menurun drastis masyarakat merasa sudah jenuh karena terlalu lama tidak diperbaiki. Kalau pemerintah "nyaah" ke rakyatnya, tolong diperbaiki," harapnya [KC-02/yr]**.

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.