CIANJUR, [KC].- Ribuan masyarakat Cianjur dari berbagai pelosok memadati sepanjang jalan protokol diseputaran kota Cianjur, Senin (18/8/2014). Mereka datang ingin menyaksikan berbagai atraksi pawai berbagai kesenian budaya yang sengaja didatangkan dari berbagai kota/Kabupaten di Jawa Barat.
Masyarakatpun rela berdesak-desakan dan berpanas-panasan ingin menyaksikan dari dekat. Bahkan ada diantaranya yang sengaja datang sambil membawa kursi plastik untuk sebagai sarana untuk penopang berdiri.
"Saya sudah berpengalaman, pasti berebut ingin menyaksikan dari dekat. Makanya saya sengaja membawa kursi plastik untuk tempat berdiri melihat pawai. Kalau tidak begitu sulit saya bisa lihat," kata Tuti (36) warga Solok Pandan Cianjur.
Menurutnya, diantara pawai yang berlangsung, kuda kosong masih menjadi pperhatiannya. Meski tidak seperti penampilan terdahulu. Kudang kosong masih menjadi daya tarik sendiri.
"Dulu waktu kecil saya, tari kuda kosong itu berbeda, dulu kudanya seperti membawa beban berat, sekarang sudah tidak seperti itu, mungkin ada perubahan," katanya.
Meski demikian, penampilan kuda kosong sepertinya merupakan salah satu bentuk tradisi budaya yang menggambarkan mengenai babad Cianjur. "Yang saya dengar, sekarang lebih menonjolkan sejarah berdirinya Cianjur. Itu cukup bagus, saya rasa," katanya.
Hal yang tidak jauh berbeda juga dirasakan Hasilah (37). Ibu rumah tangga asal Cugenang ini rela berdesak-desakan sambil membawa kedua anaknya untuk menyaksikan pawai. "Ya setahun sekali, sepertinya jarang ada pawai seperti ini. Srekali-kali hiburan sama anak," kata Hasilah.
Pihaknya berharap, pawai seperti ini bisa lebih dikemas sehingga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat bahkan masyarakat manca negara. "Kalau di Jawa Timur itu ada festival Banyuwangi, bisa saja Cianjur dibuat seperti iyu, yang bisa mendatangkan kunjungan wisata bagi turis mancanegara," harapnya.
Namun secara uum pawai saat ini sudah lebih bervariasi. Dengan hadirinya penampilan budaya dari kabupaten/kota di Jawa Barat, merupakan suatu kemajuan. "Tahun ini sepertinya lebih berwana, banyak kesenian dari Kabupaten/Kota lainnya di Jawa Barat pada tampil," tegasnya [KC-02]**.

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.