CIANJUR, [KC].- Golongan darah A di Kabupaten Cianjur saat ini sangat sulit didapat bahkan bisa terbilang langka. Perlu adanya donor darah untuk mengetahui ketersediannya.
Hal itu dibenarkan Kabag Pelayanan Darah Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Cianjur, Azwar Buares Chaniago. Menurutnya, dengan kegiatan donor darah diharapkan bisa mengamankan ketersediaan darah khususnya golongan A di Kabupaten Cianjur.
"Memang untuk golongan darah A kemungkinan hanya bisa memenuhi kebutuhan sampai tiga hari kedepan. Ketersediannya sangat berkurang. Data terakhir golongan darah A hanya ada 20 labu saja," kata Azwar ketika dihubungi disela kegiatan donor darah di Markas Kodim 0608 Cianjur, Jalan Siliwangi, Kecamatan/Kabupaten Cianjur, Senin (8/9).
Berbeda dengan golongan darah A, golongan darah O saat ini masih tersedia sekitar 90 labu, golonga darah B tersedia 50 labu, dan golongan darah AB tersedia 50 labu. "Jika penggunaanya tinggi dan pasokan habis kita biasa bekerjasama dengan UDD PMI Bandung. Hanya saja saat ini tidak bisa dilakukan lantaran biaya pengganti pengolahan darah (BPPD) di UDD PMI Kabupaten Cianjur masih rendah," katanya.
Dikatakan Azwar, harga BPPD di PMI Cianjur masih di bawah harga beli satu labu di PMI Bandung. "Kalau di Bandung satu labunya Rp 360 ribu, sedangkan rumah sakit di Cianjur harus mengeluarkan biaya untuk satu labu Rp 352 ribu, jelas ini lebih murah," kata Azwar.

Komandan Kodim (Dandim) 0608 Cianjur, Letkol Inf Moch Andi Prihantono, mengatakan, kegiatan donor darah yang dilaksanakan pihaknya tersebut diikuti sekitar 
250 orang. Mereka berasal dari anggota TNI dari kesatuan Armed 5/Tarik Cipanas, Raider 300, dan jajaran Koramil di wilayah Kabupaten Cianjur serta warga dan anggota Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan Indonesia (FKPPI) Kabupaten Cianjur.

Kegiatan donor darah tersebut menurut Andi, merupakan rangkaian kegiatan untuk memperingati hari ulang tahun TNI yang ke-69. Tidak hanya donor darah, ada kegiatan lainya menjelang hari ulang tahun TNI yang tepat jatuh pada 5 Oktober 2014.
"Kita akan laksanakan kegiatan lainnya seperti lomba kicau burung, kerja bakti dan kegiatan lainnya. Kegiatan donor darah ini baru tahap pertama rangkaian kegiatan sebelum hari ulang tahun TNI nanti. Makanya kegiatannya dilakukan lebih awal," kata Andi.
Kegiatan donor darah yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cianjur itu juga bertujuan untuk membantu ketersediaan darah yang dibutuhkan masyarakat. Pihaknya ingin memberikan tauladan kepada masyarakat dengan mengembangkan semangat toleransi dan gotong royong bersama masyarakat.

"Ini merupakan salah satu bentuk bahwa darah prajurit bisa berguna bagi masyarakat di Kabupaten Cianjur. Kegiatan rutin ini juga untuk menyehatkan para prajurit TNI di Kabupaten Cianjur agar tetap bugar dengan mendonorkan darahnya," kata Andi [KC-02/g]**. 
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!








Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.