CIANJUR, [KC].- Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, PDM Tirta Mukti Cianjur akan segera menambah tiga sumber air untuk memasok tambahan sumber air yang ada saat ini. Tiga sumber air tambahan tersebut diharapkan bisa memenuhi kebutuhan air bagi pelanggan.
Direktur Umum PDAM Tirta Mukti, Budi Karyawan, mengatakan, ketiga sumber air yang diharapkan bisa memenuhi kebutuhan pelanggan itu adalah Sungai Cibuni di Kecamatan Kadupandak, Mata Air Pasir Banen di Kecamatan Karangtengah, dan Sungai Cibeureum di Kecamatan Cugenang.
"Dengan ditambahnya sumber air otomatis akan menambah debit air yang ada. Sumber air itu bantuan hibah dari Dinas Tata Ruang dan Permukiman Provinsi Jawa Barat. Kami hanya menerima bantuan itu jadinya saja," kata Budi saat dihubungi, Selasa (9/9).
Penambahan tiga sumber air itu kata Budi, masih dalam proses pembebasan. Pihaknya mengaku hanya sebagai pengusul, tidak mengetahui jumlah nilai investasinya."Kita terima jadi, tidak terlibat dalam pembebasan tiga sumber air itu. Termasuk juga penggantian pipa saluran air di Jalan Dr Muwardi," katanya.
Budi mengaku, bulan September 2014 ini sudah mengurus izin ke Kementerian Pekerjaan Umum. Karena itu pekerjaan bantuan strategis dari Kementerian Pekerjaan Umum. "Izinnya tengah diurus, kita ingin segera terealisasi," kata Budi yang mengakui banyak pipa saluran air di Kabupaten Cianjur merupakan peninggalan Belanda.
Kepala Bagian Produksi PDAM Tirta Mukti, Neti Wilianti, mengatakan, tambahan sumber air itu untuk memenuhi target Badan usaha milik daerah (BUMD) Kabupaten Cianjur yang akan menggaet sekitar 60 ribu pelanggan pada tahun 2016 nanti.
"Penambahan sumber air memang perlu dilakukan. Debit air yang dihasilkan saat ini tidak bakal mencukupi kebutuhan untuk 60 ribu pelanggan. Karena berdasarkan penghitungan, dari enam sumber air yang adahanya menghasilkan total debit air sekitar 400 liter per detik. Dengan jumlah itu bisa mencukupi pelanggan sekitar 35.545 pelanggan yang tersebar di sepuluh kantor cabang PDAM. Jumlah itu masih fluktuatif karena ada yang ditutup dan pasang baru," kata Nita didampingi Kepala Hubungan Langganan PDAM Tirta Mukti, Ahmad Akbar ketika ditemui terpisah.
Keenam sumber air yang dimiliki PDAM Tirta Mukti itu diantaranya berada di Cibodas, Cirumput, Cilembang, Selakawung, Sukanagara, dan Cikalong. Keenam sumber air itu mampu melayani pelanggan di 13 kecamatan, yakni Cianjur, Cikalong, Cilaku, Warungkondang, Cibeber, Karangtengah, Ciranjang, Pacet, Cipanas, Sukaresmi, Sukanagara, dan Tanggeung.

"Selain sumber air, untuk memenuhi kebutuhan kami juga dibantu 13 sumur bor yang tersebar di sejumlah kecamatan. Antara lain, Kecamatan Ciranjang, Kecamatan Cikalong, Kecamatan Cilaku, Kecamatan Warungkondang, dan Kecamatan Karangtengah," kata Nita [KC-02]**.

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!







Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.