CIANJUR, [KC].- Dalam rangka pembangunan ketahanan pangan di Kabupaten Cianjur, Pemkab Cianjur akhirnya membentuk Dewan Ketahanan Pangan. Lembaga tersebut berfungsi untuk meningkatkan peran dan fungsi, termasuk dalam mengatasi berbagai masalah ketahan pangan khususnya di Kabupaten Cianjur.
Bupati Cianjur, H. Tjetjep Muchtar Soleh mengatakan, pihaknya berharap besar setelah terbentuknya Dewan Ketahanan Pangan bisa berbuat banyak terkait ketersediaan pangan yang ada diwilayah Kabupaten Cianjur. Dengan adanya Dewan Ketahanan Pangan akan mempermudah dalam pengawasan dan pengendalian atas ketersediaan pangan.
"Pembangunan ketahanan pangan bertujuan untuk menjamin ketersedian pangan yang cukup dari segi jumlah, mutu, keamanan dan keragaman sehingga setiap rumah tangga mampu mengkonsumsi pangan dalam setiap saat, mampu mengkonsumsi pangan yang cukup, aman, bergizi dan sesuai pilihannya untuk menjalani hidup sehat dan produktif," kata Tjetjeu saat ditemui usai mengukuhkan Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Cianjur di sebuah hotel di Cipanas, Selasa (21/10).
Tjetjep juga meminta, agar Dewan Ketahan Pangan Kabupaten Cianjur segera merumuskan ide-ide dasar dari pembangunan ketahanan pangan, yang disesuaikan dengan kondisi dan kultur masyarakat sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat, terutama dalam menghadapi tantangan dan perubahan lingkungan strategis pada semua tingkatan, baik dari pergerakan harga-harga pangan, kenaikan BBM dan perubahan iklim yang mempengaruhi daya beli yang berdampak pada meningkatnya kerawanan pangan.
"Pemasalahan daerah rawan pangan di Kabupaten Cianjur, juga tidak bisa dianggap hal yang ringan, dan perlu diselesaikan dalam waktu yang cepat dan secara bersama-sama dengan sasaran dan intervensi yang tepat, serta dikerjakan secara terpadu, sinergis dan terkoordinasi. Inilah salah satu peran dan fungsi Dewan Ketahanan Pangan ada di Cianjur," tegas Tjetjep.
Secara terpisah Kepala Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Cianjur H. Sudradjat Laksana, menegaskan, adanya Dewan Ketahanan Pangan diharapkan mampu menjadi pion untun mendorong ketersediaan pangan di Kabupaten Cianjur.
"Dengan adanya Dewan Ketahanan Pangan tentu kita akan lebih mudah dalam penanganan ketika ada suatu persoalan terkait ketahanan pangan, baik itu mengenai ketersediaan pangan dan kualitasnya. Karena dengan dibentuknya lembaga tersebut sudah barang tentu sebagai upaya peningkatan kualitas dan kuantitas pangan yang tersedia," paparnya [KC-02]**.


Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!






Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.