Iklan

iklan

Tekan Angka Lakalantas, Pencegahan Sampai Penegakan Hukum Dilakukan

Friday, October 17, 2014 | 4:13:00 AM WIB Last Updated 2014-10-18T16:29:26Z
CIANJUR, [KC].- Untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Cianjur, Polres Cianjur melakukan upaya pencegahan sampai penegakan hukum. Upaya pencegahan dilakukan dengan melakukan sosialiasi di semua kalangan dan penyampaian imbauan dengan memasang atribut di jalan-jalan.

Kasatlantas Porles Cianjur, AKP Didin Jarudin, melalui Kanit Laka Polres Cianjur, Ipda Tenda Sukendar, mengungkapkan, pencegahan dilakukan dengan melakukan sosialisasi terkait tentang berpengendara yang benar serta rambu-rambu lalu lintas.

"Kami juga melakukan upaya preventif dengan melakukan patroli penjagaan pos, dan pengawalan. Dan kami melakukan upaya represif dengan melakukan penegakan hukum baik dengan memberikan tilang bagi pelanggar lalu litans dan penyidikan sesuai UU 22 tahun 2009 untuk kecelakaan lalu lintas yang terjadi," ujar Tenda.

Diberitakan, sepanjang 2014, jumlah kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Cianjur mencapai 233 kejadian yang mengakibatkan 115 orang tewas, 124 orang mengalami luka berat, 156 mengalami luka ringan, dan kerugian materi sebanyak Rp 566.300.000. Dari jumlah kejadian tersebut, 40 persen diantaranya akibat human error.

Kanit Laka Polres Cianjur, Ipda Tenda Sukendar, mengatakan, human error menduduki urutan pertama sebagai penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas. Hal itu biasanya akibat emosi pengendara bermotor yang tidak terkendali dan ketidakpatuhan pengendara melaksanakan peraturan berlalu lintas.

"Penyebab lainya keceakaan lalu lintas itu akibat medan jalan sekitar 25 persen, kondisi infrastruktur 10 persen, kondisi kendaraan 10 persen, dan lain-lain seperti sarana penunjang jalan atau cuaca, sekitar 15 persen," ujar Tenda [KC-02/g]**.
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tekan Angka Lakalantas, Pencegahan Sampai Penegakan Hukum Dilakukan

Trending Now

Iklan

iklan