CIANJUR, [KC].- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur menghimbau pada masyarakat Cianjur terutama yang tinggal di daerah rawan longsor dan banjir bandang untuk meningkatkan kewaspadaan menyusul intensitas hujan yang meningkap pada satu pekan terakhir. Diprediksi curah hujan masih akan meningkat pada minggu kedepan.
Kepala BPBD Kabupaten Cianjur, Asep Achmad Suhara mengatakan, berdasarkan hasil pemetaan, sejumlah wilayah kecamatan memiliki potensi rawan terjadi bencana alam longsor dan banjir bandang. Seperti Kecamatan Campaka, Kecamatan Sukanagara, Kecamatan Cikadu, Kecamatan Naringgul, Kecamatan Cibinong, Kecamatan Cikalongkulon, Kecamatan Pacet, Kecamatan Cugenang, dan Kecamatan Cipanas.
Dari sejumlah kecamatan tersebut, Kecamatan Cikadu dan Kecamatan Naringgul sebelumnya sudah ditetapkan status siaga bencana longsor. Sebagai upaya untuk menjaga hal yang tidak diinginkan, pihaknya sudah menempatkan petugas di dua kecamatan tersebut untuk melakukan pemantauan dan pemetaan.
"Hasil dari laporan dan pemantauan dilapangan, dideteks adanya retakan tanah dengan lebar yang bervariasi dari 5-30 sentimeter dengan panjang retakan lebih dari 200 meter. Kondisi itu terjadi di Desa Halimun, Kecamatan Naringgul, kondisinya sudah mengancam," kata Asep, Minggu (3/11/2014).
Tidak hanya rawan pergeseran dan longsor, tingginya curah hujan diprediksi akan menyebabkan membentuk kubangan air dan berpotensi terjadi banjir bandang. Apalagi jika melihat lokasi retakan yang berada cukup dekat dengan Sungai Cidamar yang pada Desember 2013 lalu, menghanyutkan 12 rumah, 4 rumah dan korban jiwa di Desa Kertajadi dan Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun.
"Sebagai langkah antisipasi, kita telah buatkan jalur evakuasi dan tempat pengungsian warga. Mudah-mudahan saja kekawatiran itu tidak akan terjadi," katanya.
Sementara, wilayah Kecamatan Sindangbarang dan Kecamatan Cidaun dikenal sebagai wilayah rawan banjir bandang. Langkah antisipasi juga perlu dilakukan, agar warga selalu waspada jika terjadi hujan deras. "Kami sudah kirimkan surat kepada pemerintah desa setempat agar lebih waspada, terutama ketika di daerahnya turun hujan pada malam harinya dan berlangsung cukup lama," tegasnya [KC-02/gr]**.


Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!






Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.