CIANJUR, [KC].- Sejumlah masyarakat di desa Hegarmanah Kecamatan Bojong Picung Kabupaten Cianjur,  secara bersama-sama menabung sampah. Selain bertujuan untuk membersihkan lingkungan, hal tersebut juga bisa menjadi sampingan usaha.

Menurut Ketua Bank Sampah Hendra Malik,  sampah yang biasanya di buang atau di bakar kini bisa di tabung di bank sampah. “Kini  sampah bisa jadi berkah dan rupiah, sampai empat bulan umur bank sampah sudah ada warga yang mempunyai tabungan Rp.500.000,- dari hasil sampah,” kata Hendra.

Hendra menuturkan, di bank sampah ada tiga program yang ditentukan, yakni tabungan kolektif, tabungan pendidikan, dan tabungan hari raya. Untuk tabungan kolektif bisa diambil 3 bulan sekali, untuk tabungan pendidikan bisa diambil per semester atau pada tahun ajaran baru. Sedangkan untuk tabungan hari raya bisa diambil satu minggu sebelum hari raya.  “Fungsinya agar masyarakat tidak menjadi masyarakat yang konsumtif,” paparnya.

Dijelaskannya, sampah yang di tabung ke bank sampah, yang organiknya bisa dijadikan pupuk kompos dengan media cacing, namun ketika yang ditabung punya nilai jual seperti sampah anorganik di pilih terdahulu, dan yang tidak bisa di daur ulang, dibikin kerajinan.

“Dari hasil kerajinan menghasilkan nominal rupiah yang menjanjikan, seperti kita bikin tikar dan di jual dengan harga yang lumayan. Sampai saat ini sudah ada 216 rumah di Desa Hegarmanah khususnya RT 02/RW 04 yang ikut bank sampah. Sosialisasi terus kita lakukan ke masyarakat setiap malam  minggu,” ungkapnya.

Fungsi bank sampah lanjut Hendra, bisa meminimalisir bahkan meniadakan sampah, karena sampai saat ini semua jenis sampah yang  diterima bisa di olah dijadikan produk kerajinan. “Seperti contoh dari  tujuh kwintal sampah per minggu hanya sekitar 5 kg sampah yang terbuang. Untuk yang terbuang jika memang tidak bisa didaur ulang langsung kita bakar dan pembakaran bank sampah berbeda sebelum menjadi abu masih ditunggu sampai benar-benar menjadi abu,” tandasnya [KC-02/gj]**.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.