CIANJUR, [KC].- Buat Surat Izin Mengemudi (SIM) di Cianjur susah, demikian acap kali terdengar dilingkungan kita. Namun ternyata anggapan itu tidaklah benar. Sebaliknya untuk melayani permohonan masyarakat Polres Cianjur memberikan layanan yang menepis anggapan pembuatan sim itu sulit.
Berbagai fasilitas pendukung ketika menunggu proses pembuatan SIM saat ini telah disiapkan. Salah satunya adalah internet corner dan akses wifi di ruang tunggu SIM. Dengan fasilitas itu, masyarakat bebas memanfaatkan jaringan internet tanpa batas untuk berbagai keperluan atau tugas dan pekerjaannya yang harus ditinggalkan ketika melakukan permohonan SIM.
Kanit Regident Polres Cianjur, Iptu Luky Martono didampingi Baur SIM Dede S mengatakan, ide itu diawali ketika ia berbincang dengan sejumlah pemohon yang mengaku merasakan kebosanan ketika menunggu proses pembuatan SIM. Pasalnya, untuk membuat SIM, memang dibutuhkan waktu lebih dari dua jam.
"Masyarakat sudah mengorbankan waktunya untuk bisa datang ke sini. Ini sebagai bentuk apresiasi kami kepada masyarakat yang sudah rela meluangkan waktunya untuk membuat SIM. Ada dua buah komputer dan akses wifi tanpa batas yang kami sediakan gratis," kata Luky.

Untuk memberikan kenyamanan lainnya, khusus bagi perokok, pihaknya juga menyediakan tempat tersendiri yang ditata sedemikian rupa hingga tidak lagi menyerupai ruang 
smoking area pada umumnya. Tempat itu sendiri jika diamati, akan lebih menyerupai sebuah kafe atau tempat nongkrong yang cukup nyaman.
"Biar yang tidak merokok ini tidak terganggu dan sampah puntung rokoknya tidak terserak di mana-mana," ujar perwira Polri asal Madiun, Jawa Timur itu.

Luky menjelaskan, sebelum melakukan ujian SIM, para pemohon digiring ke Ruang Pencerahan sebagai pembekalan awal tentang gambaran umum, peraturan lalu-lintas, jenis-jenis pelanggaran, risiko, penyebab kecelakaan lalu-lintas dan materi lalu-lintas lainnya. "Di sini, sebenarnya, dari semua materi yang diberikan itu merupakan soal-soal yang akan didapatkan para pemohon SIM dalam materi ujian untuk mendapatkan SIM. Sekitar 30 persen materi di antaranya, adalah 'bocoran' jawabannya. Jadi tidak ada yang namanya istilah membuat SIM itu dipersulit. Yang ada malah dipermudah," katanya [KC-02/gr]**.



Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!






Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.