Iklan

iklan

PMCK Berharap DOB Cianjur Selatan Tahun Ini Sudah di Tangan Pemerintah Pusat

Monday, March 9, 2015 | 5:23:00 AM WIB Last Updated 2015-03-08T22:23:36Z
CIANJUR,  [KC].- Paguyuban Masyarakat Cianjur Kidul (PMCK) mendesak agar DPRD Cianjur segera menggelar paripurna terkait hasil kajian tentang pemekaran Cianjur Selatan menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB). Karena sebelumnya pihak eksekutif melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) telah melakukan kajian DOB Cianjur selatan.

Hasil dari kajian yang dilakukan bahwa Cianjur selatan layak untuk menjadi DOB. "Sekarang sudah jelas hasil kajiannya, tinggal bagaimana DPRD Cianjur menggelar dalam paripurna untuk menegaskan itu dan disampaikan ke bupati untuk ditindak lanjuti ke pemerintah provinsi," kata Ketua PMCK, H. Tonton Sukarsa, Minggu (8/3/2015).

Menurut Tonton, saat ini Depdagri menunggu hasil usulan DOB Cianjur selatan. Dibandingkan daerah lain di Jawa Barat usulan DOB Cianjur selatan terbilang lambat. "Sebenarnya DOB Cianjur selatan itu sudah layak, karena sejak tahun 1997 sudah ada perintah gubernur dan ditetapkan tahun 2000 untuk melakukan pemekaran, sekarang kajiannya menguatkan lagi," katanya.

Meski sudah layak, namun perjalanannya sangat lamban. Dibandingkan daerah lain seperti Ciamis Selatan, Tasik selatan, Garut selatan dan sukabumi selatan. "Cianjur terbilang lamban, akibat kurang dorongan dari berbagai pihak. Kami berharap tahun ini sudah ada persetujuan bupati, mudah-mudahan bupati berbaik hati," tegas Tonton.

Pihaknya juga berharap, masalah DOB tidak dikait-kaitkan dengan kepentingan Pilkada Cianjur. DOB merupakan sebuah tujuan untuk meningkatkan pembangunan khususnya diwilayah Cianjur selatan.

"Tentu kami juga tidak ingin masalah pemekaran Cianjur selatan ini menjadi isu politis. Ini perjuangan kami masyarakat Cianjur selatan, tidak ada kaitannya dengan kepentingan politis Pilkada," katanya.

Pihaknya akan menolak jika nantinya ada calon yang mengaitkan DOB dengan kepentingannya. "Kami sepakat DOB harus segera terwujud, tapi tidak menjadi isu politis Pilkada. Kami minta bupati saat ini dimasa akhir jabatannya bisa memberikan hal yang terbaik buat masyarakat Cianjur selatan," tegas Tonton [KC-02]**.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PMCK Berharap DOB Cianjur Selatan Tahun Ini Sudah di Tangan Pemerintah Pusat

Trending Now

Iklan

iklan