CIANJUR, [KC].- Sempat dikawatirkan tidak akan turun, akhirnya Kabupaten Cianjur kembali mendapatkan bantuan lanjutan Program Pembangunan Infrastrukter Perdesaan (PPIP) pada tahun 2015. Bantuan PPIP tersebut pada tahun sebelumnya baru dilaksanakan setengah anggaran.

"Sempat kawatir juga, apalagi saat kita menanyakan ke fasilitator maupun ke Distarkim (Dinas Tata Ruang dan Permukiman) tidak bisa memberikan kepastian. Mereka hanya memberi harapan mudah-mudahan cair. Tapi setelah adanya kepastian ini kami para Kepala Desa (Kades) jadi lega, karena bantuan lanjutan PPIP ini sangat dibutuhkan," kata Kepala Desa Cirumput Kecamatan Cugenang Beni Irawan, Jum'at (22/5/2015).

Beni menegaskan, bantuan PPIP lanjutan yang akan diterima desanya itu akan dimanfaatkan untuk melanjutkan pekerjaan fisik yang sebelumnya telah dilaksanakan dari bantuan PPIP tahun 2014 sebesar Rp 100 juta. "Dana lanjutan sebesar Rp 150 juta ini kita akan manfaatkan untuk anjutan pengerjaan fisik jalan, karena perencanaanya sudah dilaksanakan pada tahun 2014," jelasnya.

Kepala Distarkim Kabupaten Cianjur Yoni Raleda melalui Kepala Seksi (Kasi) Bina Lingkungan Perumahan dan Permukiman Yeddi Indragunawan mengungkapkan, pada tahun 2015 ini sebanyak 31 desa di 16 kecamatan mendapatkan bantuan lanjutan PPIP dengan total anggaran sebesar Rp 4.650.000,-. Bantuan PPIP itu untuk pembangunan infrastruktur.

"Masing-masing desa mendapatkan bantuan PPIP sebesar Rp 150 juta. Ini lanjutan dari PPIP sebelumnya. Pelaksanaanya tetap diserahkan melalui OMS (Organisasi Masyarakat Setempat) yang di bentuk berdasarkan rembug warga dan di SK kan oleh Kepala Desa," kata Yeddi.

Berdasarkan jadwal rencana kerja, proses pencairan dana bantuan PPIP itu dimungkinkan baru bisa dicairkan melalui rekening OMS pada akhir Juli 2015. Proses pencairannya juga masih sama seperti dengan PPIP sebelumnya. "Hanya saja kita menekankan kepada OMS dan Kepala Desa sebelum dana tersebut dicairkan, pekerjaan PPIP sebelumnya harus dalam kondisi bagus," tegasnya.

Dalam pelaksanaan pekerjaan mulai dari tahapan persiapan sampai pelaksanaan fisik hingga selesai, setiap desa akan didampingi oleh Fasilitator Masyarakat (FM). FM tersebut akan membantu dalam pelaksanaan program agar tepat sasaran dan hasilnya berkualitas.

"Kita harapkan pelaksanaan PPIP lanjutan pada tahun ini bisa terlaksana sesuai dengan rencana dan menghasilkan pekerjaan yang berkualitas. Tidak asal-asalan, makanya dilapangan ada FM yang selalu mendampingi. Ditargetkan awal Oktober pekerjaan sudah selesai," paparnya.

Setelah pekerjaan selesai dilaksanakan, nantinya dari OMS akan diserahkan ke Kepala Desa yang selanjutnya akan diserahkan kepada KPP (Kelompok Penerima dan Pemeliharaan). KPP ini dibentuk berdasarkan rembug warga dan di SK kan oleh Kepala Desa.

"Pekerjaan infrastruktur dari bantuan PPIP ini jika telah rampung tidak begitu saja diserahkan, tapi juga ada pemeliharaanya. KPP inilah yang nantinya memelihara hasil dari pelaksanaan bantuan. Karena diharapkan pekerjaan fisik yang telah dilaksanakan bisa terawat dan terjaga serta bermanfaat," kata Yeddi [KC-02]
**







Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.