CIANJUR, [KC].- Jumlah guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ada di Kabupaten Cianjur saat ini jauh dari memadai. Idialnya kebutuhan guru PNS di Cianjur itu mencapai 13.000 orang. Namun yang ada baru sekitar 7.000 orang. Sehingga saat ini Kabupaten Cianjur masih kekurangan sekitar 6.000 orang guru, terutama untuk guru Sekolah Dasar (SD).

Hal itu tidak dibantah oleh Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Cianjur, H Cecep Sobandi. Untuk menutupi kekurangan 6.000 orang guru PNS, sekolah-sekolah yang ada memanfaatkan tenaga guru honorer. Kekurangan guru PNS tersebut akan terus bertambah seiring dengan adanya guru yang memasuki usia pensiun.

"Paling banyak itu kekurangan guru SD mencapai sekitar 6.000 orang dan guru SMP 1.500 orang. Sedangkan untuk guru SMA/SMK malah mengalami lebih sebanyak 160 orang," kata Cecep ditemui di sebuah kegiatan, Selasa (26/5/2015).

Menurut Cecep, tahun ini BKPPD akan mengajukan kebutuhan guru PNS sebanyak 3.000 orang yang terbagi 1.500 untuk guru SD, sisanya untuk SMP dan SMA/SMK.

Jumlah tersebut disesuaikan dengan anasilis kebutuhan yang dilakukan oleh BKPPD. "Tentu kita dahulukan jumlah guru PNS nya sangat kurang. Sebab dari analisis yang ada di beberapa sekolah pun ada guru PNS yang lebih. Sehingga kami mengacu kepada analisis kebutuhan," katanya.

Kendati kekurangan guru PNS, pelaksanaan kegiatan belajar mengajar tidak merasa terganggu. Hal itu mengingat adanya guru honorer yang juga menjalankan tugas tidak jauh berbeda. "Kekurangan guru PNS ini tertutupi dengan adanya guru honorer. Keberadaanya sangat banyak membantu," tegas Cecep.

Pihaknya juga belum bisa memastikan apakah usulannya itu akan terealisasi atau tidak. Sebab semua kewenangan pengangkatan PNS menjadi kewenangan pemerintah pusat. "Usulannya memang masih jauh dari kebutuhan, itupun belum tentu seluruhnya dikabulkan. Dengan adanya guru honorer yang di gaji oleh sekolah dapat membantu kekurangan guru PNS," tegasnya. [KC-02]**
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

1 comments:

  1. Angkat saja yg ada kasih SK. Kan guru honorer banyak termasuk saya. Hehe..

    BalasHapus

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.