CIANJUR,[KC],- Ada kearifan lokal yang harus  dirujuk calon wirausahawan (entrepreneurship). Kata Wakil Bupati Cianjur, Suranto,   kearifan lokal dimaksud  “Cikaracak ninggang batu laun-laun jadi legok  (batu yang ditetesi air dalam jangka waktu lama akan membekas-red). Kearifan lokal ini mengandung makna   keuletan,  kerja keras, bersabar, dan tidak mudah putus asa.

“Cikaracak ninggang batu laun-laun jadi legok   yang merupakan kearifan lokal Sunda  ini benar-benar  resep ampuh agar menjadi pengusaha sukses. Sebab memang dunia usaha tantangannya sangat berat dan penuh resiko, sehingga  memerlukan  mental baja,”  sebut Suranto, saat memberikan pembekalan kepada  pengurus Majelis  Wakil Cabang  (MWC) Nahdlatul  Ulama (NU) yang akan memulai bisnis online, di sekretariat NU, Jl.Perintis Kemerdekaan, Cianjur.

Tetapi bangkrut atau gagal ini tidak boleh dijadikan  alasan untuk tidak memulai. Justru harus dijadikan tantangan. Sebab pada dasarnya resiko   kegagalan di area manapun pasti menghadang. Justru dari kegagalan inilah, kata Suranto, akan menuai pelajaran atau pengalaman berharga untuk bangkit kembali.

Kalaupun akan mengantisipasi kegagalan, bisa  melalui permodalan kecil-kecilan. Sebab  dengan memulainya dari kecil resikonya  bakal kecil pula, sekaligus  mempelajari dinamika usaha. Lagi pula pada umumnya jika usaha memulai dari kecil atau nol maka laju usahanya akan sehat. Berbeda dengan dengan usaha yang tiba-tiba besar, kerapkali rentan bangkrut. “Sebagaimana catatan  kebanyakan pengusaha sukses  diawali dari kecil atau nol itu,” yakin Suranto.

Dijelaskannya, tidak bisa  dipungkiri sekarang ini berwirausaha belum menjadi primadona. Kebanyakan orang masih mendambakan menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Padahal  jika ingin serba berkecukupan  peluangnya ada di wirausaha (entrepreneurship). Sedangkan penghasilan PNS sangat terbatas, karena diatur perundang-undangan. Malah jika menjadi PNS hidupnya serba berkecukupan  boleh jadi membuat orang curiga. [KC.10]***

Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.