CIANJUR,  [KC].- Setelah calon yang diusungnya di tolak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Cianjur pada saat pendaftaran hari terakhir, Partai Demokrat (PD) akhirnya merapat ke pasangan calon yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan koalisi sejumlah parpol, H. Suranto-Aldwin Rahadian (Oki) pada pemilihan bupati dan wakil bupati Cianjur 2015.

Dukungan terhadap pasangan yang memiliki tagline 'SuAra' itu dilakukan setelah melakukan konsolidasi partai dari tingkat DPP hingga PAC. Bahkan dukungan terhadap pasangan calon H. Suranto-Aldwin Rahadian itu dilakukan langsung oleh Sekjen DPP Partai Demokrat Hinca Pandjaitan didampingi politisi senior Eddy Wibowo dan Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Barat Iwan Sulanjana.

Dikatakan Hinca, alasan pemilihan Suranto-Oki karena pada sebelumnya sempat bekerja sama dengan Suranto. Lima tahun lalu, Suranto merupakan kandidat yang diusung Partai Demokrat maju sebagai wakil bupati. Selain itu, keputusan ini didasari perhitungan pasangan yang berpotensi memenangkan Pilbup.

"Kedua pasangan terbaik yang besar di Cianjur, kami yakini itu. Darimana pun partainya, partai demokrat terbuka bagi putra-putri terbaik bangsa. Dua orang ini mampu menjadi Cianjur lebih baik ke depan. Itulah pilihannya," katanya usai pendeklarasian.

Keputusan ini, ujar dia, telah disepakati semua kader termasuk sudah mendapat restu dari Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono. Sejak gagal mencalonkan pasangan, Partai Demokrat praktis tidak memiliki pasangan yang dijagokan. Padahal, partai berlambang bintang mercy ini merupakan pemegang kursi terbanyak di legislatif di Cianjur. "Kami sudah kumpulkan seluruhnya termasuk semua, 32 PAC untuk menjelaskan kondisi partai seperti ini. Partai Demokrat memang benar tengah tersesat tapi tersesat di jalan yang benar," ujar Hinca.

Sementara itu, Suranto mengaku kaget dengan keputusan Partai Demokrat mendukungnya. Awalnya tidak ada perbincangan apapun mengenai dukungan ini. Karena sebelumnya Partai Demokrat berada berseberangan dengan dia. Suranto pun baru dihubungi sesaat sebelum Partai Demokrat menggelar konsolidasi. "Saya baru ini dihubungi harus datang ke sini tadi, saya tidak menyangka partai sebesar ini mendukung saya. Saya tadi lagi tes kesehatan, sekitar jam 8 harus datang ke sini," ujar dia.

Diungkapkan Suranto, dukungan ini menambah kuat koalisi partai terhadapnya. Tercatat ada delapan partai yang kini merapat ke pasangan Suranto. Yakni PDI Perjuangan, PAN, Partai Hanura, Partai Gerindra, PPP, Partai Nasdem, PKS dan Partai Demokrat. Di legislatif, delapan partai ini total memiliki 36 kursi.

"Demokrat konstituennya banyak. Ini menambah semangat perubahan di Cianjur. Koalisi ini lebih besar jadi 8 partai. Tanggapan masuknya Demokrat pun baik dari partai koalisi. Ke depan yang kami lakukan yakni menyesuaikan teknis pemenangannya seperti apa," kata dia.

Dengan menyatakan dukungan terhadap salah satu pasangan, Partai Demokrat memastikan mencabut gugatan sengketa kepada KPU. Sebelumnya, gugatan itu telah didaftarkan pada Bawaslu Pusat dan Panwaslu Cianjur. "Gugatan sebelumnya sudah dikirim, tapi kami melihat peluangnya kecil untuk itu kami putuskan mendukung salah satu paslon," ujar Ketua DPD Partai Demokrat Jabar Iwan Sulanjana [KC-02/ta]**
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.