CIANJUR,  [KC].-  Banyaknya kendaraan baik roda dua maupun roda empat serta angkutan umum yang melintas di sepanjang jalur mudik Cianjur Bogor pada H+2 lebaran Idul Fitri, Minggu (19/7/2015) membuat arus lalu lintas macet. Kemacetan terjadi tidak hanya lalu lintas yang mengarah ke Bogor saja, tapi hal yang sama juga dari arah Puncak-Bogor ke Cianjur. Hingga pukul 18.30 WIB ribuan kendaraan itu terjebak kemacetan. Bahkan ekornya sampai ke daerah Cibeureum Kecamatan Cugenang.

Kemacetan panjang tersebut tidak beda jauh terjadi pada H+1 lebaran. Banyaknya masyarakat yang keluar untuk jalan-jalan atau ke tempat rekreasi menjadi salah satu penyebabnya. Selain itu sejumlah warga juga ada yang sudah balik dari mudik. Kebanyakan terpantau pengendara sepeda motor dengan plat nomor polisi Jakarta sudah mulai meramaikan jalur mudik.

Meski pihak kepolisian melakukan buka tutup jalur, ternyata tidak banyak membantu lantaran banyaknya pengendara baik sepeda motor maupun kendaraan pribadi serta umum yang berada dijalan. Para pengendara dihimbau untuk mencari rest area terdekat, jika mengalami kelelahan selama berada dalam perjalanan.

Seorang kondektur bus Marita mengaku sudah 10 jam dijalan dari Bogor ke Cianjur. Sekitar pukul 18.30 WIB masih berada di daerah Pacet. "Tidak tahu jam berapa sampai di Cianjur, saat ini saja masih di Pacet. Sudah sekitar 10 jam berada dijalan," kata kondektur yang tidak menyebut namanya itu.

Hal yang tidak jauh beda juga dirasakan Dadan A (35). Ia mengaku lebih dari 11 jam berada diatas kendaraan dari arah Jakarta menuju Cianjur. "Kondisinya parah, semua jalan macet, apalagi dijalur Cisarua Bogor, kendaraan sampai tiga arah. Kita paksakan saja berada dijalan, jalan alternatif juga padat," kata Dadang yang baru pulang dari silaturahmi ke keluarganya di Jakarta.

Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Didin Jarudin, mengungkapkan kepadatan arus lalu lintas yang terjadi akibat banyaknya kendaraan yang melintas disepanjang jalan utama dengan berbagai kepentingan. Mereka memanfaatkan untuk sekedar liburanan.

Untuk mengatasi terjadinya kepadatan arus lalu lintas, petugas memberlakukan buka tutup jalur. Biasanya pihak kepolisian memberlakukan penutupan arus dari Cianjur ke Bogor sekitar pukul 08.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB.

"Kalau dari Bogor ke Cianjur biasanya dilakukan penutupan arus lalu lintas itu pukul 16.00 WIB. Kalau proses buka tutup jalur itu penjurunya dari Bogor. Cianjur hanya terkena dampaknya saja," kata Didin saat dihubungi terpisah [KC-02]**
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.