CIANJUR, [KC].- Calon Wakil Bupati Cianjur periode 2016-2021 dari koalisi rakyat Golkar, PKB dan PBB, Herman Suherman resmi menutup Festival Sarongge di Kampung  Sarongge, Desa Ciputri, Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur Minggu malam (8/23/2015). Festival Sarongge merupakan agenda tahunan dengan tema “Merawat Kemerdekaan: Merawat Alam dan Budaya”.

Herman Suherman mengatakan,  festival Sarongge diharapkan mampu membantu ekonomi warga dan melestarikan budaya nenek moyang Desa Saronggeng. Untuk itu, ia sangat mengapresiasi Festival Sarongge ini dan berharap kegiatan ini rutin diadakan setiap tahunnya “Dengan adanya festival ini, harus menjadi daya tarik  wisatawan datang ke sini," paparnya.

Herman menerangkan, kunci sukses pengembangan sebuah desa wisata dilihat dari kemandirian masyarakat dalam memanfaatkan potensi wisata sebagai mata pencaharian. “Festival ini sangat berdampak positif pada pariwisata dan ekonomi kreatif. Tentu saja untuk mencapai sasaran itu dibutuhkan kolaborasi antara pemerintah, swasta, dan masyarakat” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Pantia  Festival Sarongge, Misbah Rosidi  memaparkan, festival tahun ini menyelenggarakan berbagai kegiatan. Di antaranya, pengibaran bendera HUT RI ke 70 dan lomba-lomba Agustusan.  Ngaruat cai , karnaval dongdang ,  kesenian budaya dan bazaar, festival nangger  kolecer ,  pengajian dan masih banyak lainnya.

Dia menerangkan,   tema tahun ketiga ini  “Merawat Kemerdekaan: Merawat Alam dan Budaya”. Untuk tahun  2015 diadakan dengan perayaan kemerdekaan melalui usaha-usaha merawat alam dan budaya Sunda dengan melibatkan seluruh masyarakat. “ Rayakan kemerdekaan di Sarongge, bersama alam kaki Gunung Gede beserta budayanya,” terangnya.

Misbah berharap, Festival Sarongge bisa menjadi pemersatu  semua pihak dan  bisa menggaet budaya dan kearifan lokal. Sedangkan harapan kepada Kang Herman, jika menjadi wakil bupati Cianjur mendampingi Bupati Cianjur  H Irvan Rivano Muchtar periode 2016-2021. Kegiatan Festival Sarongge harus menjadi agenda pemerintah kabupaten (Pemkab), Cianjur. “Kalau menjadi agenda Pemkab Cianjur, pasti festival ini akan semakin semarak lagi,” imbuhnya  [KC-02/dak]**
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.